Dukung Anies Penanganan Corona, PSI Tahu Kapal Jokowi Mau Tenggelam

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung Anies Baswedan dalam menangani virus Corona karena mengetahui kapal Jokowi akan tenggelam.

Demikian dikatakan pengamat politik Zainal Abidin dalam pernyataan kepada suaranasional, Senin (16/3/2020). “PSI itu kumpulan politisi prakmatis yang akan mengikuti arah angin kekuasaan berhembus,” ungkapnya.

Kata Zainal, PSI melihat Anies sangat bagus dalam menangani masalah virus Corona. “Makanya PSI DKI berharap pemerintah pusat memberikan kewenangan Pemprov DKI dalam mengetes virus Corona,” papar Zainal.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Fraksi PSI mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan izin Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan tes virus corona atau Covid-19 kepada warganya. Dukungan itu bila kapasitas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) DKI menunjang.

“Prinsipnya mengapa ini penting untuk diberikan otoritas ke daerah agar bisa segera membantu pemerintah pusat. Agar proses deteksi dan penentuan hasilnya cepat,” kata Ketua Fraksi DPRD DKI PSI Idris Ahmad, di kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Idris menambahkan, ketika pemerintah daerah mendapatkan izin pengecekan mandiri maka upaya memerangi hingga mencegah virus corona merebak dapat dibatasi. Bahkan, kata dia, riwayat tracking atau perjalanan terhadap mereka yang dideteksi positif corona dapat ditelusuri.

“Kita bisa tracing lebih cepat epidemologinya, bisa langsung melihat alur penyakitnya, sehingga kita bisa menutup atau melakukan rencana lanjutan terhadap lokasi penyebaran dan penyebabnya,” ujarnya.