Dipanggil DPP, PDIP Solo Dukung Gibran

DPP PDIP memanggil DPC PDIP Solo di Jakarta menunjukkan Gibran Rakabuming putra Presiden Jokowi akan didukung partai berlambang Banteng Moncong Putih.

“Pemanggilan DPC PDIP oleh DPP PDIP sangat jelas terkait dinamika PDIP Solo di Pilkada. Setelah pemanggilan, PDIP akan dukung Gibran,” kata pengamat politik Achsin Ibnu Maksum kepada suaranasional, Selasa (4/2/2020).

Menurut Achsin, DPC PDIP Solo akan mengikuti perintah DPP PDIP. “Beberapa kali elit DPP PDIP mengisyaratkan mendukung Gibran di Pilkada Solo,” ungkapnya.

Kata Achsin, Megawati lebih memilih Gibran untuk maju di Pilkada Solo karena anak muda dan dianggap bisa memajukan kota Solo.

“Gibran akan menjadi pemenang di pilkada Solo karena Solo basis banteng,” ungkap Achsin.

Seluruh pengurus DPC PDIP Solo dipanggil merapat ke Jakarta. Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto membenarkan pertemuan tersebut. Dia menyebut pertemuan itu membahas konsolidasi partai.

“Iya benar. Terkait konsolidasi partai,” sebut Bambang Wuryanto saat dihubungi, Senin (3/2).

Isu beredar, akan ada perintah terkait dinamika pencalonan Gibran Rakabuming Raka. Sebagaimana diketahui, ada persaingan pencalonan Wali Kota Solo, antara Gibran dengan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa. Dua nama terakhir didukung Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.