by

Presiden Joko Widodo Mendukung Penuh UMKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Assosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI), dan 3 assosiasi lainnya, Selasa (18/6/2019).

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta masukan dari AKUMANDIRI dan pelaku UMKM lainnya.

Mereka berharap kepada Presiden Jokowi, permasalahan UMKM yang masih ada di lapangan bisa diberikan solusi kebijakan dan diekseskusi.

Mantan Wali Kota Solo itu berpesan, segala kemudahan dan fasilitas yang diberikan untuk UMKM jangan sampai malah melemahkan.

Dalam pertemuan itu, AKUMANDIRI menyampaikan beberapa masukan kepada Presiden Jokowi di antaranya:

1. Platform utk pendataan UMKM di organisasi/wadah wadah ukm yang terintegrasi dengan pemerintah
2. Pemberian edukasi untuk pengusaha mikro khususnya perempuan;
3. Implementasi sinergi antara program pemerintah dan organisasi umkm
4. Permodalan yang masih sulit karena persyaratan yg kurang mudah, sehingga ukm masih terjerat oleh rentenir dan fintech illegal
6. Organisasi sinergi dengan pemerintah untuk menjadi pendamping ukm
7. Persyaratan pelatihan di BLK masih membatasi kelompok rentan seperti anak muda yg tidak memiliki ijazah, yatimpiatu yg tidak punya KK dimana mereka adalah yang paling membutuhkan pelatihan;
8. Pelatihan di BLK hanya terbatas pada pelatihan produksi dan tidak ada pendampingan dari pemerintah mengenai pemasaran;
9. Pelatihan di BLK juga belum memberikan materi lifeskill bagi calon pengusaha / pengusaha. Sehingga mereka tidak siap menghadapi kegagalan disaat berusaha.
Diharapkan pelatihan bagi para pengusaha mikro juga harus inklusif bisa menjangkau kelompok rentan di pelosok daerah, khususnya perempuan.
10. Dibentuk Balai Latihan Kerja Sama yg independen karena lewat PLUT masih sangat eksklusif.

Baca juga:  Pejabat Jokowi, Ustadz Ngabalin Ibadah di Gereja dan KH Luhut Ceramah di Pesantren

Pertemuan ini dihadiri oleh; Hermawati Setyorinny – Ketua Umum, Anindya Nastiti Restuviani – Sekretaris Jenderal, Dyah Probondari – Ketua Bidang Hukum, Advokasi dan HAKI, Andi Djoyo Budiman – Ketua Bidang Informasi dan Teknologi, Husriani – Ketua Bidang Kerjasama Usaha, Antar Lembaga dan Kemitraan, Andre Tanuwijaya – Bidang Publikasi Media Teknologi, Dodit Sugiarto – Ketua Koordinator UKM Wilayah Jawa Timur.

loading...

Loading...

News Feed