Lawan Hoaks dan Fitnah, Seknas Jokowi Temui Ibu-ibu Pengajian dan Majelis Taklim

Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi menggelar pertemuan dengan ibu-ibu pengajian dan majelis taklim. Anggota Dewan Pakar Seknas Jokowi, Elvi Diana mengatakan bakal menggelar pertemuan rutin dengan segmen ibu-ibu pengajian dan majelis taklim tersebut.

“Pertemuan ini agenda wajib saya sebagai caleg dan Seknas Jokowi,” ujar Elvi saat menggelar sosialisasi Jokowi-Ma’ruf Amin di Jln Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (4/2).

Ibu-ibu dan majelis taklim merupakan segmen krusial pemilih. Elvi mengatakan Seknas Jokowi maupun dirinya harus membangun kedekatan psikologis agar kepercayaan dan kenyamanan mereka tumbuh.

Salah satu tanggung jawab yang dipikul Elvi maupun Seknas Jokowi adalah menjernihkan informasi yang beredar di kalangan masyarakat. Terutama melawan fitnah dan hoaks yang menyerang Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ketika saya bertemu dan hadir di sana (acara majelis taklim), saya jelaskan program saya sebagai caleg kemudian jelaskan tentang fitnah-fitnah terhadap Pak Jokowi,” ujar Elvi yang juga caleg PDIP nomor urut 9 untuk DPRD DKI dapil Jakarta Pusat.

Elvi Diana bersama tim pemenangan (IST)
Elvi Diana bersama tim pemenangan (IST)

Tidak sedikit masyarakat yang termakan isu-isu hoaks dan fitnah terhadap sosok Jokowi. Bahkan figur Kiai Ma’ruf Amin yang menjadi cawapres Jokowi pun bisa di cap negatif oleh masyarakat awam yang tidak begitu paham politik dan menelan informasi mentah-mentah.

“Saya ajak mereka untuk berpikir rasional. Bahwa Kiai Ma’ruf Amin adalah ulama yang soleh, bahwa isu Pak Jokowi PKI adalah fitnah dan seterusnya. Saya juga baru tahu ibu-ibu pengajian dan majelis taklim ini juga terprovokasi.”

Elvi bersama Seknas Jokowi telah menentukan sejumlah titik sosialisasi dengan target ibu-ibu pengajian dan majelis taklim. Sejak turun ke masyarakat sebulan terakhir, segmen ibu-ibu memang patut mendapat perhatian, terutama keluhan seputar kehidupan sehari-hari atau pun fasilitas umum hingga layanan pemerintah.

“Kami door to door bahkan sampai masuk ke rumah-rumah,” pungkas Elvi.

Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FMDM), Rusdi A Rahim mengapresiasi langkah Elvi Diana dan Seknas Jokowi tersebut. Ia menilai silaturahmi bisa menjalin kedekatan dan kepercayaan diantara warga sekitar dan elit politik.

“Alhamdulillah, kami menyambut baik cara-cara yang dilakukan Ibu Elvi. Warga juga tidak menyangka ada pertemuan seperti ini dengan caleg PDIP,” ujar Rusdi.

Sosialisasi dikawal oleh Bawaslu dan Polsek setempat. Acara dihadiri sekitar 100 orang sehingga jalanan dan gang terlihat penuh. Rusdi yang juga merupakan Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Ranting Kelurahan Cempaka Putih Barat menegaskan bahwa masyarakat lebih antusias menyambut sosialisasi yang ramah dan datang langsung.

“Kalau pilihan itu hak masing-masing karena bagi kami yang penting silaturahminya. Datang langsung dan menyaksikan itu lebih terasa,” ujarnya.

Arif Rahman