by

Revitalisasi Stasiun, Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup Sementara

Jalur 10 Stasiun Manggarai, Jakarta tidak bisa melayani naik dan turun penumpang karena adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat mulai Rabu (23/1/2019). Penutupan sementara tersebut berlangsung hingga 45 hari.

Penutupan ini merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jakarta dan Banten (BTPWJB), PT KAI Daop 1 Jakarta, dan PT KCI.

“Mulai malam hari ini kereta juga akan mengalami keterlambatan rata-rata 2 menit karena penutupan di jalur 10 ini,” kata Deputi EVP Daop 1 Jakarta, Sofyan Hasan di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Dengan penutupan jalur 10 tersebut, para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5, dan 4. Sementara untuk jalur 9 merupakan jalur yang dikhususkan untuk kereta bandara.

Baca juga:  Situs Habibrizieq.com Diblokir Kemenkominfo, Ini Penjelasannya

Selain melayani tujuan Depok/Bogor, jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota. Sementara untuk jalur 4, selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang.

Tujuan Revitalisasi

Rangkaian kereta commuter line saat melintas di dekat Stasiun Universitas Indonesia, Depok, Selasa (29/12/2015). Untuk mengakomodasi penumpang pada malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan beroperasi 24 jam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saat ini, pekerjaan revitalisasi Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan.

“Nantinya, Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi tiga lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara, dan kereta jarak jauh,” ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Jumardi.

Baca juga:  Jago Merah Lalap Belasan Rumah di Menteng Tenggulun, 25 Mobil Damkar Dikerahkan

Saat ini, PT KCI mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71% perjalanan di antaranya melintas Stasiun Manggarai.

Selain dilalui KRL, Stasiun Manggarai juga dilalui kereta jarak jauh, kereta barang, dan kereta bandara dengan total perjalanan 725 perjalanan kereta per hari sehingga menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek.

loading...

Loading...

News Feed