by

Ini Dia! 5  Makanan Khas Palembang Yang Akan Menggoyang Lidah Anda

Pempek Palembang (IST)

Palembang, kota yang memiliki salah satu landmarknya yaitu jembatan merah Ampera merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan. Begitu banyak hal yang dapat Anda eksplorasi di kota tersebut. Apabila anda memiliki rencana untuk berpergian ke Kota Palembang, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas Kota Palembang!

Kota Palembang, Sumatera Selatan memiliki beragam kuliner khas yang dijamin sangat nikmat dan akan menggoyang lidah anda. Baik makanan ringan hingga makanan berat siap memanjakan lidah setiap orang yang mencicipinya.

Beberapa diantaranya seperti pempek, tekwan, model, laksan, celimpungan, mie celor, pindang patin, lakso, dan masih banyak makanan berat lainnya yang dapat anda cicipi di kota ini. Sedangkan untuk makanan ringannya antara lain seperti kue srikayo, kemplang, kue delapan jam, otak-otak, kue maksubah, siap memanjakkan lidah anda dengan kenikmatannya.

Booking tiket online pesawat terbangmu dan segera dapatkan makanan-makanan lezat tersebut langsung di kedai-kedai asli di Kota Palembang.

Berikut ulasan beberapa makanan khas Palembang yang wajib Anda cicipi :

1. Pempek
Palembang selain terkenal dengan jembatan merahnya juga terkenal sebagai kota pempek. Makanan yang satu ini memiliki bahan utama yaitu tepung kanji dan daging ikan yanh dihaluskan. Proses pembuatannya diawali dari daging ikan belida.

Namun pada masa kemudian daging ikan belida semakin langka dan semakin mahal. Akhirnya ikan tersebut diganti dengan ikan lainnya, seperti ikan gabus dan ikan tenggiri. Terdapat beberapa jenis dari makanan satu ini, antara lain kapal selam, lenjer, ada’an, pempek kulit ikan, dan pempek keriting. Pempek umumnya dimakan dengan kuah warna kehitaman, kuah tersebut dikenal dengan nama cuko.

Mentimun segar yang diiris dadu serta mie kuning juga dapat melengkapi sajian sepiring pempek anda. Banyak sekali kedai makan pempek yang dapat direkomendasikkan, namu salah satu pempek yang sudah populer dan melegenda adalah Pempek Pak Raden.

Tidak hanya di Palembang, anda dapat juga menemikan kedai makanan ini di kota lain. Hal ini dikarenakan Pempek Pak Raden memiliki jaringan franchise di beberapa kota di Indonesia. Di Palembang sendiri pempek terletak di Jalan Radial, 24 Ilir, Bukit Kecil, Pelmbang. Memiliki jam buka dari pukul 06.00 hingga 22.00. Untuk harga, kira-kira anda harus mempersiapkan uang Rp 3.000 per biji .

Baca juga:  Bakmi SUKA, Rasanya Menggoda Lidah, Warung Makan Legendaris di Purworejo

2. Tekwan
Makanan lain yang harus anda cicipi ketika berkunjung ke Palembang adalah Tekwan. Makanan ini terbuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka. Hampir mirip dengan pempek, hanya saja menggunakan jenis tepung yang berbeda.

Tepung tapioka dalam Tekwan dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil. Kemudian disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang sangat khas. Apabila Anda memesan Tekwan, biasanya terdapat pelengkapnya seperti sohun, irisan bengkoang serta jamur kuping. Dapat ditambahkan juga taburan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Kedai favorit untuk mencicipi makanan khas palembang satu ini, anda harus pergi ke kedai Pempek Lince. Pempek Lince merupakan spot terbaik untuk menikmati Tekwan di Kota Palembang. Pempek Lince memiliki lokasi di Jalan Tugumulyo no. 2398, 20 Ilir D II Timur I, Palembang, Sumatera Selatan.

Anda dapat datang ke tempat ini sedari pukul 08.00 pagi hingga 18.00. Harga semangkok Tekwan Rp 18.000,- Semangkok Tekwan dijamin akan menggoyakong lidah anda dengan cita rasa yang sangat khas!

3. Pindang Patin
Makanan berikutnya memiliki nama yang sangat unik, ya makanan itu adalah Pindang Patin. Bahan utama yang digunakan dari makanan ini adalah ikan patin. Wilayah perairin sekitar Palembang memang dikenal sebagai wilayah penghasil ikan patin dengan jumlah yang banyak. Sehingga ikan patin ini dibudidayakan salah satunya diolah menjadi makan Pindang Patin ini.

Kemudian, ikan patin inj dimasak dengan racikan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam, tomat, nanas hingga belimbing sayur. Yang menarik dari kuliner yang satu ini, memiliki beragam jenis, antara lain yaitu ikan patin berkuah bening, pindang patin serani dan pindang patin tempoyak.

Anda tertarik untuk mencoba Pindang Patin? Segera melancong ke Palembang dan anda akan menemukan dengan mudah di kedai-kedai makanan yang tersedia. Salah satu kedai terbaik untuk mencicipi makanan Pindang Patin ini yaitu di Rumah Makan Pindang Meranjat yang berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun, Lorok Pakjo, Ilir Bar I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Baca juga:  Pizza Hut Citarasa Durian, Rasanya hhmmm?

Rumah makan ini buka setiap harinya dimulai dari jam 09.30 pagi hingga 16.30 sore. Apabila anda bosan dengan sajian ikan dalam bentuk selain pempek di kota Palembang, Pindang Patin adalah pilihan tepat untuk anda santap. Dijamin akan menggoyang lidah anda!

4. Mie Celor
Makanan yang satu ini juga merupakan makanan favorit yang berasal dari Kota Palembang, Mie Celor namanya. Mie Celor memiliki nama yag berarti mie celup. Sesuai dengan namanya, makanan ini berupa mie yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu udang, kemudian dicampurkan juga dengan taoge dan disajikan dengan irisan telor rebus, daun kucai serta bawang goreng.

Rasa kuahnya yang gurih menjadikan sajian ini sangat unik untuk anda cicipi! Makanan ini salah satu menu sarapan paling favorit di Kota Palembang. Apabila anda penasaran dengan rasanya, salah satu kedai dari mie celor yang menjadi rekomendasi paling banyak di Kota Palembang adalah Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i.

Kedai ini buka setiap hari dengan jam operasional dimulai dari jam 06.00 hingga 17.00. Harga untuk seporsi mie celor ini bisa anda dapatkan hanya dengan membayar Rp 15.000,-

5. Lakso
Makanan yang satu ini memiliki kemiripan dengan burgo. Namun tetap, Lakso ini memiliki kekhasan lain yang wajib anda cicipi di Kota Palembang! Lakso berbeda karena kuahnya. Berbentuk seperti mie, kuah lakso lebih kental dan lebih gurih.

Jangan lupa untuk menambahkan bawang goreng untuk mendapatkan kenikmatan yang tiada duanya. Salah satu kedai lakso yang sangat direkomendasikan untuk anda yang hendak berpergian ke Kota Palembang adalah Warung Aba.

Kedai makanan yang satu ini memiliki harga yang relatif terjangkau untuk seporsi Lakso. Anda hanya cukup merogoh kocek anda dimulai dari Rp 10.000 per porsinya. Anda tertarik untuk mencoba?? Silahkan mengunjungi Warung Aba di Jalan Dr. M. Isa No. 26/15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

loading...
Loading...

News Feed