Ditanya Terkait Anies Setop Reklamasi, Jokowi Membisu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menanggapi wartawan ketika ditanya terkait kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menghentikan reklamasi di Jakarta.

Jokowi mengatupkan kedua telapak tangannya sembari berlalu dan masuk ke mobil kepresidenan.

Sikap Jokowi ini diperlihatkan menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III dan Santiaji Nasional Calon Anggota Legislatif PPP Se-Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (27/9).

Sebelumnya, Gubernur Anies menegaskan pihaknya berkomitmen untuk tidak melanjutkan apapun bentuk pembangunan di pulau buatan tersebut. Hal itu dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari Badan Koordinasi Pengelolaan Pantai Utara (BKP-Pantura). Bukan hanya sekadar pencabutan izin, seluruh aktivitas di pulau reklamasi pun dihentikannya.

Surat perpanjangan izin reklamasi teluk Jakarta yang sudah kedaluwarsa sejak September tahun 2013 dikeluarkan oleh Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 10 Juni 2014 lalu. Saat itu Ahok baru sembilan hari menjabat sebagai Plt Gubernur karena Jokowi sudah cuti kampanye Pilpres tahun 2014.