UAS Ditolak, KH Ma’ruf Amien: Kemungkinan Ada Sisi Lain Bermasalah

Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin menilai ada kemungkinan sisi lain Ustadz Abdul Somad (UAS) bermasalah sehingga memunculkan penolakan dari masyarakat.

“Mungkin ada sisi-sisi lain (bermasalah-Red),” kata Kiai Ma’ruf kepada wartawan usai berziarah ke makam pendiri NU KH Hasyim Asy’ari di PP Tebuireng, Jombang, Senin (3/9/2018).

Menurut Kiai Ma’ruf permasalah itu juga berasal dari pihak pelaksana kegiatan ceramah Ustadz Abdul Somad. “Mungkin ada kekeliruan di tingkat pelaksana,” terangnya.

Kiai Ma’ruf menilai secara keseluruhan, ceramah Ustadz Abdul Somad sangat bagus. “Di MPR saya sarankan Ustaz Somad diundang. Kan ceramah di MPR, lembaga tinggi negara resmi, tak ada masalah. Mungkin ada sisi-sisi lain, tapi secara umum tidak ada masalah. Belum lama ini pernah di Mabes AD,” papar Kiai Ma’ruf.

Ustadz Abdul Somad mengaku mendapat ancaman dan intimidasi terkait rencana ceramah di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Alhasil dia membatalkan rencana ceramahnya.

Hal ini disampaikan Somad lewat akun Instagram miliknya. Dia mengatakan intimidasi tersebut membuat beban panitia semakin berat dan mempengaruhi kondisi psikologi dai asal Riau ini.

“Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan, dan lain-lain terhadap taushiyah di beberapa daerah seperti di Grobogan, Kudus, Jepara, dan Semarang,” tulis Ustadz Abdul Somad