by

Duh, Menjemur Pakaian di Dalam Rumah Berbahaya!

Menjemur pakaian
Ilustrasi – Ist

Bagi anda yg memiliki ruang terbatas untuk menjemur pakaian didalam rumah mungkin masih sering dilakukan. Selain itu jika hujan Mereka melakukan hal tersebut secara terus menerus menunggu kondisi cuaca tidak hujan.

Dalam artikel.. kami akan berbagi informasi tentang bahaya menjemur pakaian didalam ruangan.

Karena, kebiasaan tersebut dapat merugikan kesehatan kita dan keluarga apalagi kita mempunyai buah hati.

Dari Penelitian yang dilakukan oleh National Aspergillosis Centre di Manchester, Inggris mengatakan bahwa menjemur pakaian dalam rumah bisa meningkatkan kelembaban suatu ruangan. Selain itu menjemur pakaian di dalam ruangan juga akan memicu pertumbuhan bakteri dan spora yang sangat membahayakan.

Anda mau tahu apa saja hal berbahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan menjemur pakaian didalam ruangan, berikut ini penjelasannya:

1. Dapat memicu sakit pernafasan
Menurut Professor David Denning, dalam penelitiannya menjelaskan bahwa

“kebiasaan Menjemur pakaian dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban ruangan sampai 30%. Kondisi tersebut sangat sempurna untuk pertumbuhan spora jamur, terutama jenis Aspergillus fumigatus yang menyebabkan infeksi paru-paru”

Baca juga:  Begini Cara Ubah 'PING' di BBM Android Sesuai Keinginan Kita

“Satu ember cucian mengandung kurang lebih 2 liter air, yang akan menguap dalam ruangan. Saat tubuh dalam kondisi prima, hal tersebut tidak berpengaruh banyak, namun ketika imunitas melemah, tubuh jadi mudah terserang infeksi pernapasan yang disebabkan jamur” imbuh prof David.

Ketika pertumbuhan populasi jamur, spora dan bakteri bertambah maka di dalam ruangan, angka resiko terkena infeksi dari beberapa mahluk renik akan menigkat pada penghuni rumah, terutama penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti asma dan sinusitis, bronkitis, dan alergi. Hal ini akan lebih berbahaya bagi orang yang memiliki penyakit asma akut dan seseorang yang sedang menjalani proses kemoterapi. Ruangan lembap bisa memicu aspergilosis paru, yang berakibat fatal.

2. Dapat memicu kanker

Baca juga:  Menjijikkan, Isi Perut Kecoa jika di Pukul

Hal ini dikemukakan oleh para ilmuwan yang melibatkan ahli lingkungan hidup mencermati polusi di Seattle, amerika serikat. Mereka menyelidiki bahan yang menguap dari pakaian. Hasilnya, penguapan pakaian ternyata mengandung 7 polutan udara yang berbahaya. Dua dari tujuh bahan polutan tersebut adalah asetaldehida dan benzene , bahan yang telah ditetapkan sebagai karsinogen (penyebab kanker).di Amerika Serikat. Mungkin polutan ini sama seperti halnya jika anda terpapar asap rokok dari teman anda yang perokok. Atau anda sebagai seorang pengendara motor tanpa masker yang terjebak macet di tengah kendaraan penuh asap pembuangan.

Untuk itu sebaiknya bila anda melakukan penjemuran diluar ruangan saja. Atau kalaupun anda terpaksa harus menjemur didalam, sebaiknya jangan diruangan yang memilki pentilasi yang buruk. Buka jendela dan pintu agar terjadi sirkulasi udara yang cukup.

Berbagai Sumber

Loading...
Loading...

loading...

News Feed