by

Rio Haryanto Juara di Sprint Race GP2

rio-haryanto
Rio Haryanto- IST

 

Rio Haryanto Pembalap Indonesia tampil sebagai juara pada sprint race GP2 Austria pada hari Minggu (21/6/2015). Dan ini bagi merupakan kali kedua Rio menjadi juara di GP2 musim ini.

Setelah sebelumnya Rio finish di urutan ketujuh pada feature race yang berlangsung Sabtu (20/6) waktu setempat, di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Berkat hasil yang didapatnya pada feature race itu, Rio pun berhak start dari urutan kedua pada sprint race.

Jalannya Pertandingan

pada awal start Rio langsung menyalip ke posisi pertama dengan mengasapi Nick Yelloly sebelum tikungan pertama. Yelloly sendiri kemudian terlibat kecelakaan dengan Alexander Rossi.

Meski ditempel ketat oleh pembalap Russian Time, Artem Markelov. Tetapi Rio berhasil mempertahankan posisi terdepan selama beberapa lap,  Keduanya hanya terpaut jarak sekitar 0,3-0,7 detik saja.

Persaingan pun berlanjut antara Rio dan Markelov membuat nama yang disebut terakhir menggunakan DRS pada lap ke-14. Markelov berusaha menyalip Rio dari sisi dalam menjelang tikungan 3, namun malah justru menyenggol mobil Rio.

Baca juga:  Menang Tipis Atas Belgia, Prancis ke Final

Alhasil, atas sayap depan mobil kanan Rio pun rusak sedangkan Markelov langsung melorot posisinya ke posisi belakang setelah sebelumnya melebar keluar lintasan. Dengan kondisi mobil yang tidak sempurna, Rio pun harus mempertahankan posisinya.

Kini giliran Stoffel Vandoorne yang mengincar untuk berusaha merebut posisi Rio. Namun, setelah melahap 28 putaran, Rio akhirnya mampu menjadi juara.

“Kunci kemenangan kali ini ada pada start saya yang berlangsung dengan baik. Meski demikian, balapan masih tersisa 28 lap. Saya mencoba membangun jarak di depan, namun cukup sulit karena mobil di belakang yang berjarak kurang dari satu detik selalu menggunakan DRS,” papar Rio.

Baca juga:  Era Anies, Persija Juara Liga 1 2018 setelah 17 Tahun

“Saya harus mengemudi sebaik mungkin dengan menghindari kesalahan di bawah tekanan yang besar.”

“Saat Markelov mencoba menyalip, saya awalnya membuka jalan baginya namun kontak tidak bisa dihindari. Sayap depan saya pun rusak dan sulit untuk melalui tikungan berkecepatan tinggi.”

“Secara keseluruhan, saya sangat bahagia dengan hasil hari ini. Mudah-mudahan kemenangan selanjutnya datang. Terima kasih atas semua dukungan yang luar biasa,” ucap Rio.

Kemenangan ini merupakan untuk yang kedua kali tampil sebagai juara di GP2 musim ini. Sebelumnya, pembalap Campos Racing tersebut tampil sebagai juara pada sprint race seri Bahrain.

Hasil gemilang ini membuat Rio duduk di posisi ketiga klasemen pembalap dengan nilai 70. Berada di atasnya adalah Alexander Rossi di posisi kedua dengan nilai 78 dan Stoffel Vandoorne di urutan pertama dengan nilai 155.

loading...

Loading...

News Feed