by

Ngeri, Ini Dia Permainan Intelijen Ledakan ITC Depok

Ledakan di ITC Depok (merdeka.com)
Ledakan di ITC Depok (merdeka.com)

Ledakan ITC di Depok Jawa Barat diduga kuat terkait dengan calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti (BH).

“Letupan kecil ini bisa lahirkan efek opini dan persepsi publik bahwa teroris jaringan Poso atau lainya masih eksis karnanya butuh Kapolri yang handal urus terorisme,” kata pengamat kontraterorisme, Harits Abu Ulya kepada suaranasional.com, Selasa (24/2).

Menurut Harits, ledakan itu bisa melahirkan persepsi di masyarakat bahwa calon tunggal Kapolri butuh orang yang mengerti dan dapat menanggulangi terorisme. “Peristiwa itu bisa menganulir tentang dugaan pelanggaran HAM berat seorang BH saat menjadi Kapolda Sulteng di tahun 2007,” paparnya.

Harits juga mengingatkan, “Calon Kapolri BH selain isu rekening gendut seperti halnya BG, dia punya sandungan serius soal pelanggaran HAM 2007 di Poso. Bukan tidak mungkin ada permainan kotor untuk mengawal BH agar bisa jadi Kapolri,” paparnya.

Menurut Harits, ledakan itu bisa dilakukan orang-orang Syiah untuk mengalihkan isu tentang mereka agar tidak makin terpojok dan bisa menghindar dari eskalasi kemarahan publik (sunni) yang tidak terduga.

“Dari barang yang menimbulkan letupan kecil layaknya balon meletus tapi efek opininya bisa besar bagi kepentingan kelompok dan politik tertentu mengindikasikan ini “bom mainan”, saya tidak yakin ini kerjaan kelompok “teroris” sungguhan,” paparnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed