Pengamat: PKS Makin Larut dalam Kekuasaan Oligarki

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) makin larut dalam kekuasaan oligarki dengan berbagai pernyataan para petinggginya yang berharap masuk kekuasaan Prabowo-Gibran. PKS sudah mendukung dinasti Jokowi dengan mengusung dan mendukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut.

“Sekjen PKS dalam salah satu pidato yang dikutip media menyatakan bahwa kekuasaan itu indah dan PKS mendambakannya. Ini nampaknya konsisten dengan “banting stir” dari oposisi menjadi koalisi, bareng-bareng pemegang kekuasaan. Mengemis minta diajak ber-KIM. Semua tahu dalam kebersamaan itu PKS hanya buntut alias jama’ah “masbuq”. Barisan paling belakang,” kata pengamat politik dan kebangsaan Rizal Fadhillah kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (24/9/2024).

Teman-teman banyak yang minta jangan mengecam PKS sebab ia partai Islam atau partai milik umat. Tapi teman lupa bahwa partai Islam atau partai umat yang bakal tenggelam harus ditolong, diteriaki akan bahaya di depan, ada batu karang yang dapat menghempaskan. “Tergoda keindahan fatamorgana kekuasaan. Jika beralasan dengan berkuasa bisa mengganti rompi panas dengan yang lebih adem, maka miskin sekali pandangan perjuangannya,” tegasnya.

Jika kekuasaan dianggap indah bukan amanah maka kapal iman PKS sudah retak mungkin karena tersenggol atau tertabrak. Kekuasaan itu akan menjadi penyesalan di hari kiamat jika tidak berbasis amanah. Bagi siapapun, tidak terkecuali kader dan pimpinan PKS. “Wa innaha amaanah wa innaha yaumal qiyamati hizyun wa nadaamah, illa man akhodzaha bihaqqiha wa adalladzi alaihi fiiha”  (Sesungguhnya itu adalah amanah yang membuat kehinaan dan penyesalan di hari kiamat, kecuali yang mendapatkannya hak dan menunaikan dengan adil)–HR Muslim.

Rosulullah SAW menyatakan bahwa kekuasaan itu amanah, bukan keindahan. Mencelakakan, menghinakan dan menyebabkan penyesalan di hari kiamat. Ini hukum dasar dengan takhsish atau pengecualian. Takhsish yang berat yakni haq dan adil. Penyingkiran Cagub potesial, agamis dan terbukti telah mampu menjalankan tugas adalah perilaku tidak benar dan tidak adil untuk tidak menyebut zalim.

Ia mengatakan, PKS merasakan indah dengan kekuasaan secuil, berbahagia karena mulai diajak berada di lingkaran elit. Umat dan rakyat dinilai sekunder dan dapat dengan mudah memaklumi akan sikap politiknya.  Jika orientasi bergeser menjadi elitis, pragmatis dan masbukis maka jangan salahkan dan kecam bila hati umat sudah tidak membersamai. Perahu itu akan bocor atau dibocorkan akibat disorientasi.

“Ketika yang berada di atas perahu tidak peduli dengan yang di bawah, maka yang di bawah akan melubangi dinding perahu untuk sekedar bisa bernafas. Air pun masuk dan  menenggelamkan semua baik yang di atas maupun yang di bawah.  Perahu tenggelam bukan karena badai, tetapi karena air masuk ke dalam perahu. Ombak tidak besar, cuma perahu kita yang kecil. Ujian tidak berat, cuma iman kita yang lemah,” pungkasnya.