Politikus PKS Desak Polisi Tangkap dan Adili Pemilik Akun Fufufafa

Aparat kepolisian harus bisa mengungkap dan mengadili pemilik akun Fufafaha yang telah menghina Presiden terpilih Prabowo Subianto. Akun Fufufafa juga mengeluarkan ujaran kebencian dan rasis.

“Kita semua mendesak kepolisian segera bisa mengungkap dan menangkap  pemilik akun FUFUFAFA siapapun dia,agar penegakan hukum adil,” kata politikus PKS Eka Gumilar di akun X (Twitter), Senin (17/9/2024).

Eka mengatakan, permintaan aparat kepolisian untuk mengungkap pemilik akun Fufafaha agar publik tidak mendeskreditkan PKS yang membiarkan ujaran kebencian.

“Biar kita gak seperti  berurusan dengan hantu kan? 😅 Kalau belum jelas siapa yg kt akan ganyang?” tegasnya.

Polemik akun Fufufafa pada platform Kaskus menjadi salah satu tantangan politik pertama di tengah perpindahan kekuasaan Jokowi-Ma’ruf Amin kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang tinggal menghitung hari.

Unggahan lama akun Fufufafa kembali dimunculkan di berbagai media sosial pada akhir Agustus lalu, dan terus meluas sampai hari ini. Isinya antara lain pernyataan negatif terhadap tokoh-tokoh politik, termasuk presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sejumlah warganet mencurigai akun tersebut dikelola Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo. Namun, Gibran membantah kepemilikan akun Fufufafa dengan mengatakan, “Ya, tanya yang punya akun. Kok ke saya?“.

Bagaimanapun, seorang pakar komunikasi politik melihat perbincangan warganet soal akun Fufufafa bisa berpotensi “mengakselerasi keretakan“ hubungan Prabowo-Jokowi. Bahkan, dia menduga hubungan keduanya dapat berlangsung ibarat panggung sandiwara—antara yang ditampilkan ke publik berbeda dari apa yang terjadi di balik layar.

Sementara itu, media pemantau media sosial berbasis kecerdasan buatan, Drone Emprit, menilai polemik ini dapat merusak reputasi dan citra publik Gibran, polarisasi pendukung, hingga krisis kepercayaan publik terhadap kepemimpinan.

Warganet menyelidiki hubungan antara akun Fufufafa dengan Gibran melalui cuitan dari akun Chili Pari Catering, yaitu @Chili_Pari. Sejumlah tangkapan layar yang belum bisa diverifikasi menunjukkan kemiripan cuitan antara kedua akun tersebut.

Adapun @Chilli_Pari diduga milik Raka Gnarly, yang ditengarai warganet memiliki akun X (dulunya Twitter) @rkgbm. Akun ini yang disebut-sebut milik Gibran.

Warganet berupaya melakukan verifikasi, salah satunya dengan mengidentifikasi nama email serta termasuk nomor telepon yang diduga milik Gibran.