Survei Litbang Kompas Suara Ganjar-Mahfud Rontok di Jateng, PPJNA 98: Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Prabowo-Gibran menang satu putaran setelah survei Litbang Kompas menunjukkan suara paslon 02 menguasai Jawa Tengah (Jawa Tengah).

“Hasil survei Litbang Kompas terbaru Prabowo-Gibran menguasai Jawa Tengah. Ini menunjukkan Paslon 02 menang satu putaran,” kata Ketua Umum PPJNA 98 Anto Kusumayuda kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (18/1/2024).

Menurut Anto, berdasarkan survei internal, Prabowo-Gibran juga menguasai di Jawa Timur. “Kawasan Tapal Kuda, Prabowo-Gibran menang mutlak,” jelas Anto.

Anto mengatakan, masyarakat memilih Prabowo-Gibran karena melanjutkan program Jokowi. “Selama ini masyarakat sangat puas dengan kepemimpinan Jokowi,” pungkasnya.

Baca juga:  Ini Dia Nama-nama Oknum TGUPP yang Recoki Birokrasi Pemprov DKI

Sebagaimana dianalisis Peneliti Litbang Kompas Rangga Eka Sakti, pasangan Ganjar-Mahfud terlihat unggul di dapil Jawa Tengah III, Jawa Tengah IV, Jawa Tengah V, dan Jawa Tengah X. Peta politik itu menunjukkan bahwa kekuatan pasangan calon nomor urut 3 ini terkonsentrasi pada wilayah Jawa Tengah bagian timur.

Prabowo-Gibran mampu menguasai dapil Jawa Tengah I, II, VI, VII, VIII dan IX. Dilihat dari sebarannya, tampak bahwa kekuatan pasangan ini di Jawa Tengah cukup luas meliputi bagian barat hingga tengah Provinsi Jawa Tengah.

Dari besaran dukungan suara responden yang terekam pada survei Desember 2023 ini, dominasi pasangan Prabowo-Gibran terlihat paling mencolok di dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Tegal, Brebes, dan Kota Tegal. Di dapil ini, Prabowo-Gibran punya tingkat elektabilitas 53,2 persen. Adapun responden yang memilih Ganjar-Mahfud tercatat sebanyak 28 persen dan pasangan Anies-Muhaimin sebesar 7,4 persen

Baca juga:  Kajian Politik Merah Putih: Rezim Jokowi Menjadi Kartel Taipan Oligarki

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *