Semua Pihak, Diajak Ketum PP PPM Berto, Perkuat Rasa Cinta Tanah Air Pada Momentum Hari Bela Negara 2023

JAKARTA – Jadikan momen Hari Bela Negara (HBN) ke 75 tahun 2023 ini untuk mengokohkan kembali rasa cinta kita kepada tanah air melalui tindakan nyata bagi mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko, SH dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta pada Selasa, 19 Desember 2023.

“Hanya dengan terus menumbuhkan rasa cinta kita kepada tanah air secara konsisten, maka bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan Indonesia Emas dan kedaulatan Indonesia akan tetap terjaga sampai kapanpun,” imbuh Berto.

Ia pun menilai bahwa HBN yang merupakan peringatan saat deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di wilayah Sumatera Barat merupakan langkah cerdas para pendiri bangsa yang ingin menunjukkan pada dunia, bahwa NKRI masih eksis sebagai negara yang berdaulat.

“Pemuda Panca Marga sebagai wadah berhimpun putra-putri penerus pejuang Vetaran memiliki kewajiban menginspirasi apa yang telah dilakukan para pendiri bangsa dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI, melalui sikap, perilaku serta tindakan yang tentunya disesuaikan dengan perkembangan kondisi bangsa dan kondisi dunia hari ini,” jelas Berto.

Baca juga:  Bawa Pasukan Lengkap Bersenjata Saat Dihadang Demo, Ahok Pengecut dan Penakut

Menurut cucu Pahlawan Nasional Asal NTT Izaak Huru Doko ini, sikap bela negara menjadi tanggung jawab semua warga bangsa, mengingat tantangan hari ini secara lokal, regional maupun global adalah adanya ketidak pastian dan bukan tsecara fisik.

“Bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan saja, mengingat tantangan hari ini bukanlah secara fisik, tetapi lebih pada sikap hidup individualisme yang mengarah pada perpecahan yang kesemuanya harus dihadapi secara dewasa, bijak dan secara bersama-sama,” ujarnya.

Terkait dengan tahun politik menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Ketum PPM Berto kembali mengingatkan khususnya kepada jajaran PPM di seluruh wilayah tanah air, bahwa sikap politik PPM tegak lurus dengan sikap politik Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yaitu Politik Negara.

Baca juga:  Bela Negara Mirip Angkatan Kelima PKI?

“Dalam kesempatan ini, saya selaku Ketua Umum PPM mengingatkan kembali kepada jajaran PPM disemua tingkatan di seluruh Indonesia tentang sikap politik PPM yang tegak lurus kepada LVRI yaitu Politik Negara, bahwa secara kelembagaan PPM berada diatas semua golongan, segala bentuk atribut PPM tidak dibenarkan untuk kegiatan politik praktis, namun secara pribadi-pribadi dipersilahkan untuk menyampaikan hak politiknya sesuai hati Nurani masing-masing,” kata Berto.

Diakhir keterangannya, Ketum PPM Berto juga menyampaikan bahwa agar kiranya PPM dapar berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang Jujur, Adil, Aman, Damai dan Bermartabat.

“Implementasi nyata dari Cinta Tahan Air adalah partisipasi kita untuk menciptakan suasana kebangsaan yang aman, damai dan penuh rasa kekeluargaan dalam bingkai NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila, itulah sejatinya bela negara yang sebenarnya,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *