Pengamat: Hampir 10 Tahun Butet Jadi Anggota Tim Penindas, Sekarang Berlagak Suci

Butet Kartaradjasa yang mendukung hampir sepuluh tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Ia pun berlagak sok suci dengan menunding rezim sekarang seperti Orde Baru.

“Hampir 10 tahun menjadi anggota tim penindas, sekarang berlagak suci,” kata pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto di akun X beberapa waktu lalu.

Diketahui, sebelumnya seniman Butet Kartaredjasa dan penulis naskah teater Agus Noor mengaku mendapat intimidasi dari polisi saat menggelar pertunjukan di TIM Jakarta, Jumat (1/12).

“Bukan pelarangan, tapi intimidasi,” kata Butet.

Baca juga:  Ada Hendropriyono Mana Berani Bos, Bualan Jokowi Minta Minta Penuntasan Ham Masa Lalu

Namun, penyelenggara pentas teater, PT Kayan Production membantah ada intimidasi polisi saat agenda itu berlangsung. Mereka menegaskan tidak ada intervensi dari manapun terkait pementasan teater yang dilakoni Butet Kartaredjasa itu.

“Hanya mau menyampaikan, saya memang melakukan pengurusan terkait surat-surat perizinan ke kepolisian. Tidak ada intimidasi dalam penandatanganan surat tersebut,” kata Sekretariat PT Kayan Production, Indah.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan pihak kepolisian selalu melakukan pengamanan dalam setiap acara pentas budaya di TIM. Termasuk, acara yang melibatkan calon presiden dan calon wakil presiden.

Baca juga:  Prof Mahfud MD Tegaskan Ahok Korupsi karena Terima Gratifikasi

“Kegiatan-kegiatan masyarakat di wilayah Jakarta Pusat, baik itu berupa seni budaya dan sebagainya, tentunya kami harus menjamin kegiatan tersebut berlangsung dengan aman,” kata Susatyo.

Susatyo juga memastikan pihaknya tidak mencampuri setiap aktor maupun materi acara. “Personel yang dikerahkan untuk pengamanan hanya berkoordinasi dengan penyelenggara acara terkait izin, dengan satpam terkait pengamanan dan pengaturan lalu lintas jika diperlukan,” jelasnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *