PBNU Sesalkan Konflik Kekerasan Antara Israel dan Palestina

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyesalkan eskelasi konflik dan kekerasan antara Israel dan Palestina yang memunculkan korban di antara kedua belah pihak.

“Menyampaikan penyesalan dan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya eskalasi konflik dan kekerasan antara Israel dan Palestina di Kawasan Jalur Gaza,” kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dalam pernyataan yang juga ditandatangani Sekjen Saifullah Yusuf, Senin (9/10/2023).

Gus Yahya menyerukan agar konflik dan kekerasan yang telah menimbulkan jatuhnya korban kemanusiaan tersebut segera dihentikan dengan segala daya upaya.

“Menyerukan agar inspirasi agama tentang rahmah, persaudaraan dan keadilan universal dikedepankan demi mengupayakan resolusi konflik di semua tingkatan, baik di struktur politik maupun di tingkat komunitas,” ungkapnya.

Gus Yahya juga menyerukan kepada umat Islam dan warga Nahdlatul Ulama untuk melakukan shalat ghaib dan doa bersama guna mendoakan arwah yang meninggal disebabkan eskalasi kekerasan serta mendoakan agar jalan perdamaian dan keadilan dapat segera diwujudkan.

“Menyerukan agar konflik dan kekerasan yang telah menimbulkan jatuhnya korban kemanusiaan tersebut segera dihentikan dengan segala daya upaya,” jelasnya.