Gabung Prabowo, Demokrat Tegak Lurus Bersama Jokowi

Partai Demokrat tegak lurus bersama Joko Widodo (Jokowi) setelah bergabung bersama Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Gabung Prabowo di Pilpres 2024, Demokrat sudah tegak lurus bersama Jokowi,” kata pengamat politik Muhammad Huda kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (17/9/2023). “Demokrat sudah tidak ada narasi perubahan lagi setelah bergabung dengan Prabowo,” jelasnya.

Kata Huda, Prabowo selalu menyatakan, meneruskan berbagai program pemerintah Jokowi termasuk IKN. “Demokrat akan meneruskan program IKN setelah bergabung dengan Prabowo. Fraksi Demokrat yang mengkritisi IKN akan gugur dengan sendiri setelah bergabung dengan Prabowo,” ungkap Huda.

Huda mengatakan, Prabowo akan menjanjikan beberapa kader Demokrat posisi penting di pemerintah jika mantan Danjen Kopassus itu menang di Pilpres 2024. “Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mendapat posisi penting jika Prabowo menang di Pilpres 2024,” papar Huda.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Partai Demokrat menyampaikan dukungannya kepada Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres 2024. Hal tersebut disampaikan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang didampingi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadi Prabowo, Hambalang, Jawa Barat, Ahad 17 September 2023.

“Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan sebagai berikut: Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Prabowo Subianto sebagai capres (calon presiden) di Pilpres 2024,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi Ahad, 17 September 2023.

Viva Yoga bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turut hadir dalam pertemuan antara Partai Demokrat, Prabowo Subianto, dan jajaran petinggi partai dari Koalisi Indonesia Maju di Hambalang.

Dalam pertemuan tersebut, kata Viva, SBY juga menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan serasa at home di Koalisi Indonesia Maju, karena ada kesamaan cita-cita dan chemistry. SBY, dalam pertemuan itu, juga memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah kenal lelah mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara.

Poin terakhir, yang penting dari pertemuan itu, menurut Viva Yoga, SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat bakal turun gunung untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.