KH Imaduddin Utsman Albantani Tegaskan Abah Luthfi Bin Yahya bukan Ulama

Pemimpin Forum Sufi Dunia Abah Luthfi Bin Yahya dianggap bukan ulama tetapi penceramah agama Islam. Abah Luthfi tidak pernah menggunakan referensi kitab Kuning sehingga tidak bisa disebut ulama.

“Abah Lutfi belum pernah saya melihat beliau baca kitab kuning yang ada adalah ceramah. Maka kalau ketika ada yang nanya sama saya Abah Luthfi Itu ulama bukan bukan maka kalau ketika ada yang nanya sama saya Abah Luthfi Itu ulama bukan, bukan tapi dia penceramah,” kata KH Imaduddin Utsman Albantani dalam video yang beredar.

Kiai Imaduddin belum pernah melihat habib yang mengajarkan kitab kuning kepada para jamaahnya. “Saya belum lihat ada habib yang ngajarin kitab baca Fatul Muin misalnya. Yang ada shalawatan dan ceramah,” papar Kiai Imaduddin.

Kiai Imaduddin menegaskan, keturunan Ba’alawi bukan penyebar agama Islam pertama kali di Indonesia. “Kalau beliau itu ngomong menyebarkan dalam pengertian pertama kali menyebarkan Islam di Indonesia tertolak karena sejarah tidak mengatakan seperti itu kalau mereka dari sejak pertama kali datang ke sini kemudian karena mereka pintar,” tegasnya.

Menurut Kiai Imaduddin, Nasab keturunan Ba’alawi tidak ada kaitannya dengan keturunan Nabi Muhammad SAW.

“Bahwa nasab mereka itu salah. Nasab mereka tertolak dia bukan cucunya nabi. Kalau mereka itu ulama kita wajib hormati bukan karena keturunan Nabi. Ulama memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar ngajarin ngaji ngajarin kitab,” pungkasnya.