Apa Itu OpenNebula? Berikut Penjelasan dan Keunggulannya

Dalam layanan manajemen perangkat berbasis virtual seperti VPS, CMP (Cloud Management Platform) memiliki peran krusial untuk mendapatkan performa yang terkendali dan maksimal. Pengelola dari suatu layanan cloud computing dapat menggunakan berbagai macam CMP yang tersedia. Pertimbangannya ada pada expandbility, pengelolaan biaya dan resource, daya tahan sistem serta performa yang dihasilkan oleh sistem CMP itu sendiri. Salah satunya adalah OpenNebula.

Apa Itu OpenNebula?

OpenNebula adalah CMP dengan sifat open source yang cukup banyak digunakan oleh para pengelola layanan cloud untuk mengatur infrastruktur pada layanan IT yang dimilikinya. Di sini OpenNebula memiliki peran sebagai penyedia jaringan serta modul yang dengan mudah diintegrasikan ke dalam suatu pusat data secara fleksibel.

Dari segi efektifitas, OpenNebula bisa menjadi solusi sederhana yang dapat disesuaikan untuk pusat data virtual dengan manajemen ekstensif. Operator telekomunikasi biasa menggunakan model CMP ini sebagai media virtualisasi website, basis data, dan sistem surat. Suatu public cloud dengan API Web untuk memvisualisasikan kemampuan manajemen jariang, mesin virtual dan penyimpanan juga didukung oleh OpenNebula.

Sebagai software yang biasa digunakan untuk membangun infrastruktur cloud computing, OpenNebula tergolong cukup handal untuk difungsikan dalam manajemen OS berbasis virtualisasi seperti KVM, VMware, maupun Xen, dengan perangkat tambahan berupa Apache License version 2. Karena sifat software-nya yang berupa open source, konfigurasi dan OS-nya bisa berbeda.

Ada 2 jenis cloud yang ditawarkan oleh CMP yang dirilis sejak tahun 2008 ini, yaitu berupa real dan dummy. Jenis yang real dirancang mirip dengan cloud computing, sedangkan jenis dummy didesain untuk trial 2 interface berupa simulasi yang dijalankan di network virtual.

Jenis-jenis Supported Platform OpenNebula

  • Ada beberapa jenis platform yang didukung oleh OpenNebula, di antaranya adalah:
    Elastic Compute Cloud (EC2)
    Platform ini merupakan sebuah layanan berbasis web yang memperbolehkan para developer untuk menjalankan virtual machine melalui layanan cloud.
  • Simple Storage Service (S3)
    Platform ini merupakan sebuah teknologi penyimpanan berbasis cloud yang menggunakan konsep object storage service dan dirancang untuk memenuhi segi keamanan data penyimpanan, performa, skalabilitas serta kesiagaan data 24/7.

Keunggulan dari CMP OpenNebula

  • Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ada beberapa jenis CMP yang bisa dimanfaatkan berdasarkan kebutuhan suatu pengelola layanan cloud. OpenNebula sendiri memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membantu mengelola layanan sesuai biaya dan resource yang tersedia.
    Pada lingkungan virtualisasi data center, OpenNebula lebih unggul dibandingkan beberapa CMP open source lain yang sejenis. Proses komparasi ini dibuktikan oleh Ali, Shaikh, Chohan, Memon, & Khan (2020) dalam penelitiannya tentang 6 CMP open source dengan menggunakan metode penelitian comparative approach. Keunggulannya dinilai dari lebih banyaknya fitur OpenNebula dibanding 5 CMP lainnya.
  • Selain menawarkan lebih banyak fitur, OpenNebula juga melakukan update secara berkala untuk meningkatkan fungsi dari setiap fitur yang diberikan kepada user aplikasinya.
  • Desain dari OpenNebula tergolong modular dan mudah dipahami sehingga pengguna pemula pun mampu beradaptasi lebih mudah untuk mengoperasikannya pada jenis layanan cloud apapun, baik private, public, maupun hybrid.
  • OpenNebula bisa menjadi pilihan yang efisien karena mampu dikembangkan dengan mudah sehingga dapat diandalkan dan efektif dari segi pengeluarannya.
  • Sistem keamanan yang dapat digunakan melalui OpenNebula berupa Authen Password, RSA, SSH, dan LDAP. CMP ini juga sudah didukung oleh fitur VM Immigration yang bermanfaat untuk menciptakan balancing atau menyeimbangkan beban pada suatu server.
  • CMP ini dapat dijalankan melalui Command Line Interface dan dapat diproses dengan sistem operasi Linux.
  • Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat OpenNebula berupa C++, Java, dan Ruby serta menggunakan API AWS EC2, S3, Native XML/RPC, OOCI dengan fitur VLAN untuk menata jaringan di dalam infrastrukturnya.

Kesimpulan

Sebagai salah satu Cloud Management Platform, OpenNebula lebih unggul daripada beberapa CMP lain sejenisnya karena jumlah fitur yang lebih banyak serta lebih dapat diandalkan oleh para developer, termasuk mereka yang masih pemula.

Selain itu, terdapat update secara berkala untuk fitur-fitur yang disediakan OpenNebula. Layanan ini juga tergolong on budget sehingga mampu mengefisiensi pengeluaran. Sehingga secara fungsional, CMP ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengelolaan layanan cloud.