Tempatkan Anies pada Posisi Tiga, Lembaga Survei sudah Hilang Objektivitas

Lembaga survei sudah kehilangan objektivitas dengan menempatkan posisi ketiga Anies Baswedan. Lembaga survei sudah menjadi partisan untuk menggiring opini publik agar memilih calon tertentu.

“Di sini lembaga survei sudah menjadi partisan, sehingga dalam melakukan survei sudah mengabaikan objektivitas,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (1/3/2023).

Kata Jamiluddin, banyak anak bangsa yang meragukan hasil survei. Keraguan itu tampaknya beralasan karena memang banyak hasil survei kerap tidak sama dengan hasil pilpres atau hasil pileg atau hasil pilkada. Perbedaan hasil itu akhirnya membuat banyak banyak anak bangsa menghiraukan hasil survei.

“Hal itu tentu memprihatinkan mengingat survei seharusnya menjadi instrumen ilmiah dalam berdemokrasi. Namun belakangan ini survei sudah menjadi instrumen bagi capres atau partai politik untuk membentuk opini publik,” jelasnya.

Setelah Anies intens melakukan safari politik, justru elektabilitasnya melòrot dan konsisten diurutan tiga. Padahal, setiap Anies safari politik selalu dihadiri lautan manusia.

“Karena itu, logikanya elektabilitas Anies seharusnya naik. Namun yang terjadi justru sebaliknya,” paparnya.