Kejadian di IIMS 2023, Sales Mobil Esemka Harus Pintar Berbohong

YouTuber Ridwan Hanif menanyakan produksi mobil Esemka kepada sales di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Pihak Sales mengaku setiap tahun Esemka memproduksi tetapi ketika Ridwan Hanif menanyakan keberadaan mobilnya ketika mau membeli harus menunggu dua bulan.

Sangat tidak logis memproduksi setiap tiap tetapi ketika mau membeli harus menunggu dua bulan.

Pihak Sales juga tidak mengetahui alamat service di Jakarta. “Di Jakarta Selatan ada di Adi Motor tempatnya kurang paham,” ungkap Sales Mobil Esemka di akun YouTube Ridwan Hanif.

Kata Sales Mobil Esemka, Service Center Mobil Esemka ada di Boyolali. “Di Lampung juga ada,” jelasnya.

Sabar Budhi, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) mengatakan sebetulnya saat ini sudah ada pengunjung yang memesan Bima EV. Namun, ia tidak merinci jumlahnya.

Di sisi lain, ia mengatakan Esemka menargetkan Bima EV dapat terjual banyak pada ajang IIMS kali ini.

“Nanti saja saya update. Kita target dipesan sebanyak-banyaknya,” ungkap Sabar.

Sebelumnya, Eddy Wirajaya, Direktur Esemka mengatakan dua unit Bima EV yang dipamerkan di IIMS 2023 merupakan purwarupa. Mobil versi produksi sudah bisa dipesan, tapi inden selama 3-4 bulan karena harus menunggu kiriman dari China.

“Untuk ini sekarang masih prototipe dan kami akan nanti menindaklanjuti kepada satu produksi dengan sistemya CKD untuk di (pabrik) Boyolali,” kata Eddy.

Produksi Bima EV di dalam negeri akan dilakukan jika mendapat respons positif masyarakat. Ia menyatakan bila demikian produksi sudah bisa dilakukan tahun ini.

Menurut Eddy bila Bima EV diproduksi lokal maka harganya bakal turun sampai di bawah Rp500 juta.