Akar Rumput Golkar, PAN dan PPP ke Anies, Tamparan Bagi KIB

Akar rumput Partai Golkar, PAN dan PPP mendukung Anies Baswedan merupakan tamparan buat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Terbentuknya Sekretariat Bersama (Sekber) relawan Kuning, Ijo, dan Biru (KIB) yang mendukung Anies Baswedan setidaknya tamparan buat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (14/2/2023).

Munculnya Sekber Kuning, Ijo dan Biro, kata Jamiluddin menunjukkan elite atau petinggi Golkar, PPP, dan PAN tidak peka terhadap suara arus bawah. Mereka terkesan mengabaikan aspirasi yang berkembang di akar rumputnya.

“Akibatnya, kader Golkar, PPP, dan PAN membuat Sekber yang namanya sama dengan KIB. Hal itu mereka tunjukkan secara terbuka, tanpa takut mendapat sanksi dari partainya,” paparnya.

Pembangkangan itu menunjukkan masih dominannya pendekatan top down dalam mengambil kebijakan di Golkar, PPP, dan PAN. Petinggi partai asyik sendiri mengambil keputusan dengan mengabaikan aspirasi arus bawah.

“Hal itu tidak akan terjadi bila tiga partai itu menggunakan pendekatan bottom up dalam menentukan capres yang akan diusung. Justru yang terjadi, akar rumput hanya diatasnamakan para elit partai. Akibatnya, terjadi kesenjangan apa yang diputuskan elite partai dengan apa yang diharapkan kader akar rumput mengenai capres yang akan diusung,” tegasnya.

Kata Jamiluddin, kader akar rumput tiga partai itu justru akan mencari pundi-pundi suara untuk Anies. Mereka terus bergeliat untuk Anies dengan mengembosi capres yang didukung partainya.

“KIB akan tidak solid dalam mengusung capresnya. Sang capres tampaknya hanya diusung para elite partainya. Sementara sebagian akar rumputnya justru memilih capres lain. Hal itu tentunya tamparan bagi petinggi partai yang bergabung di KIB,” pungkasnya.