Politikus PKB Nilai Aneh Menag Berikan Sinyal Dukung Erick Thohir di Pilpres 2024

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qaumas dianggap aneh memberikan dukungan terhadap Erick Thohir yang bukan kader PKB dan NU di Pilpres 2024.

“Pak Alwi Shihab, ini yang lebih aneh dia kader PKB dan NU malah bukan dukung capres dari PKB,” kata politikus PKB Umar Hasibuan di akun Twitter-nya, Sabtu (14/1/2023).

Pada unggahan itu, ia juga melampirkan video pidato Menag yang memberi sinyal dukungan pada Erick Thohit. Saat itu di Harlah Banser 88 pada 24 April 2022.

Yaqut menyanjung Erick yang telah mengikuti kaderisasi di Banser. Menurutnya, sesama kader Banser mesti saling menopang.

Sebelumnya, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan sinyal mendukung penuh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi calon presiden (Capres) di tahun 2024 mendatang. Sinyal dukungan itu disampaikan Yaqut dalam acara Tasyakuran Harlah ke-88 GP Ansor, Ahad (24/4/2022).

Apalagi, kontestasi kepemimpinan nasional 2024 menjadi sebuah babak baru dalam satu dekade ke depan. Sesudah dua kali menjabat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dapat lagi mencalonkan diri.

Hal ini membuka kesempatan seluasnya bagi calon-calon baru yang potensial memimpin negeri. Sosok Erick Thohir dinilai tepat untuk melanjutkan capaian Jokowi.

Menurut Yaqut, sebagai sebuah organisasi besar, Ansor memilki peran strategis untuk dapat memunculkan calon sendiri, apalagi mengingat Ansor menginduk kepada Nahdlatul Ulama (NU), makin memperluas dan memperkuat posisinya.

Namun, secara tegas Yaqut Cholil Qoumas memilih untuk mencalonkan Erick Thohir sebagai calon pemimpin bangsa di 2024 dan selanjutnya.

Gus Yaqut Beri Sinyal Dukung Erick Thohir Jadi Capres 2024
Menteri BUMN Erick Thohir saat menijau langsung kesiapan petugas Bandara Seokarno-Hatta (Soetta) dalam angkutan lebaran 2022, Selasa, 24 April 2022.

Tidak hanya itu, pria yang biasa dipanggil Gus Tutut ini bahkan menegaskan memerintahkan semua kader dan anggota Ansor serta Banser, untuk menyediakan punggung dan pundak mereka mengusung Erick Thohir.

“Erick Thohir merupakan sosok pemimpin yang tidak hanya visioner tapi juga selalu dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan jitu. Dengan gayanya yang komunikatif, akomodatif dan tak berjarak dengan rakyat, Erick mampu untuk memberikan optimisme bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Yaqut, Rabu (27/4/2022).

Berbagai contoh positif sudah ditunjukkan Erick bagaimana peduli terhadap persoalan keagamaan. Contoh, bersama dengan seluruh keluarga besarnya, Erick juga melaksanakan dan melanjutkan amanah sang ayah untuk membangun masjid dan menggunakannya bagi kemaslahatan umat.

Sebagai salah satu warga Nahdliyin, Erick memang tak bisa dilepaskan dari santri dan pesantren. Erick Thohir sendiri memiliki hubungan kedekatan yang luar biasa dengan NU.

Sebagai anggota kehormatan Banser, Erick Thohir selalu memberikan dukungan kegiatan-kegiatan PBNU, seperti mendukung berdirinya 250 Badan Usaha Miliki NU (BUMNU) untuk mewujudkan ekonomi umat.