Aktivis Malari 74; Ada Efek Domino ke Indonesia Demo di China Minta Xi Jinping Mundur

Demo di China yang minta Presiden Xi Jinping mundur dari jabatannya membawa efek domino ke Indonesia. Rakyat Indonesia akan turun ke jalan meminta Jokowi mundur.

“Gerakan jalanan yang meminta Xi Jinping turun membawa efek domino ke Indonesia. Rakyat Indonesia mengikuti warga Tirai Bambu yang meminta presiden turun dari jabatannya,” kata Aktivis Malari 74 Salim Hutadjulu kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (5/12/2022).

Menurut Salim, secara politik ada kesamaan antara China dan Indonesia. “Di China semua dikendalikan PKC dan parlemen tidak berfungsi. Begitu pula di Indonesia DPR sudah menjadi bagian penguasa,” tegas tahanan politik era Soeharto ini.

Kata Salim, simpul gerakan rakyat di Indonesia sudah melakukan koordinasi di berbagai daerah. “Isu RKUHP maupun kenaikan BBM menjadi pemantik rakyat turun ke jalan,” ungkapnya.

Daya beli masyarakat yang makin rendah membuktikan ekonomi Indonesia di bawah Rezim Jokowi makin buruk. “Ditambah lagi kenaikan berbagai kebutuhan pokok. Ini juga menjadi pemicu rakyat turun ke jalan,” pungkas Salim.