Setelah Rakyat, Jokowi Ngeprank Parpol

Disampaikan Oleh Yusuf Blegur

Maksud hati ingin mengambil simpati dan dukungan partai politik. Namun, acara relawan di GBK yang sejatinya menggiring agenda Jokowi presiden 3 periode atau perpanjangan jabatan. Hanya menghasilkan realitas menari di atas penderitaan rakyat. Dengan kebiasaan berbohong pada rakyat termasuk tak ada rasa sensitifitas warga Cianjur yang dilanda gempa. Jokowi dan relawannya kini mulai ngeprank parpol seolah masih mendapat dukungan yang besar dan kuat dari rakyat.

Belum reda gelombang distorsi kebijakan rezim yang membuat rakyat sengsara. Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintah terus berulah melakukan hal-hal yang tidak relevan dengan kepentingan bangsa Indonesia. Saat negeri berduka dengan gempa Cianjur, Jokowi bersama relawannya asyik bersenang-senang menghabiskan dana yang disinyalir mencapai 100 M di GBK.

Bukan hanya rakyat, bahkan PDIP yang menjadikan Jokowi sebagai petugas partai ikut menggugatnya.

Melalui Dedi Sitorus seorang kadernya di parlemen, PDIP mempertanyakan 5 hal diantaranya urgenitas dan pemilihan tempat acaranya. Seperti biasa, Jokowi dan relawannya ngeles bagai bajaj. Bahkan kata Dedi Sitorus para relawan itu sok tahu, merasa paling benar dan berkuasa dari yang lain. Wujud relawan yang sangat memalukan, sudah bodoh tapi sok pintar yang bisa menjadi cerminan presiden yang memang sudah ngga karu-karuan.

Jokowi seakan mengokohkan dirinya yang sudah diidentifikasi rakyat sebagai presiden yang tidak punya kapasitas dan paling hobi berbohong. Tukang ngeprank kalau merujuk istilah milenial. Tak cukup rakyat, kini giliran partai politik yang kena prank Jokowi. Setelah menemui jalan buntu untuk merayu PDIP agar mendukung jabatan 3 periode atau perpanjangan jabatannya. Jokowi kini mulai banyak bermanuver mencari dukungan parpol. Golkar, PAN dan PPP misalnya. Jokowi berusaha mendorong partai-partai politik itu untuk mengusung Ganjar sebagai capresnya. Koalisi Indonesia bersatu (KIB) seperti ditekan karena diduga para ketua umum parpolnya tersandera kasus berupa skandal korupsi.

Melalui KIB, Jokowi seperti sedang menyiapkan atau memaksa Ganjar sebagai presiden boneka oligarki berikutnya. Tentu saja sebagai cadangan jika presiden 3 periode atau perpanjangan jabatan gagal diwujudkan Jokowi.

Sayangnya, niat Jokowi memenuhi syahwat politik kekuasaannya itu bagai pungguk merindukan bulan. Bukan hanya miris dan memprihatinkan, acara kumpul relawan di GBK menjadi cemoohan publik. Semakin membuktikan Jokowi dan para relawan itu memang nyata ironi. Mengabaikan kondisi negara yang sedang mengalami krisis dan terpuruk, terlebih ditengah duka korban gempa Cianjur. Semua yang dilakukan Jokowi dan relawannya cenderung semu dan penuh kebohongan. Mungkin sudah terbiasa kehidupan negara ini dianggap permainan, senda gurau dan hanya untuk senang-senang. Tak ada skala prioritas dan hal yang urghens, acara relawan di GBK tidak lebih sebagai upaya mengumpulkan massa bayaran untuk hiburan semata. Maksudnya ingin menunjukkan dukungan rakyat kepada Jokowi masih besar dan kuat. Namun, manuver Jokowi dan relawan itu, seseunggunya hanyalah upaya ngeprank partai politik agar mau mengusungnya menjadi presiden 3 periode atau memperpanjang jabatannya.

Kasihan Jokowi dan para relawan ndableknya itu, tak lelah ngeprank rakyat kini mulai ngeprank parpol. Seharusnyamereka itu layak berada di panggung komedi atau menjadi bintang sinetron bergenre lawak.

Hanya punya bakat melucu dan melawak, tapi sayangnya tidak profesional dan tidak menghibur. Bahkan menambah kesedihan dan pilu serta duka yang berkepanjangan bagi siapapun yang mendengar dan menyaksikannya. Kalau rakyat sih sudah terbiasa, terbiasa jadi bulan-bulanan di prank Jokowi, entahlah kalu parpol yang di prank. Kita lihat saja apa yang terjadi, apa yang dilakukan parpol menyikap prank Jokowi dan relawannya.

*Dari pinggiran catatan labirin kritis dan relung kesadaran perlawanan.*

*Bekasi Kota Patriot.*
*30 November 2022/6 Jumadil Awal 1444 H.*