Kasus Sambo-Bisa Diambil Alih Oleh TNI

Oleh: Sutoyo A (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

Bareskrim Polri menyatakan laporan percobaan pembunuhan terhadap Bharada E dan kekerasan seksual terhadap Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, itu merupakan bentuk menghalangi proses penyidikan kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Polri menutup kasus tersebut.

“Kita anggap dua LP ini menjadi satu bagian masuk dalam obstruction of justice ya. Ini bagian dari upaya menghalang-halangi pengungkapan daripada kasus 340,” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (12/8/2022).

Terpantau Istri Ferdy Sambo, Putri Cendrawasih masih kukuh mengampu bahwa dirinya korban pelecehan seksual oleh mendiang Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Hal itu ia sampaikan saat diperiksa penyidik Timsus Polri sebagai tersangka pembunuhan berencana.

Pelecehan oleh Brigadir J, disebut Putri Candrawathi terjadi di Magelang, Jawa Tengah. Demikian disampaikan, Kuasa Hukum istri Ferdy Sambo itu, Arman Haris.

Arman menyampaikan bahwa keterangan sebagai korban pelecehan yang terjadi di Magelang, Jawa Tengah itu pun telah tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sejak Jumat (26/8) kemarin

PC yang terkesan mengubah ubah keterangannya ada pertanda dan sinyal kekuatan Sambo masih eksis akan melakukan perlawanan. Bukan mustahil PC harus menjalankan skenario pembohongan lebih lanjut sesuai skenario yang harus dijalani.

Wajar Timsus merasa perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke kepada PC atas keterangan dan pengakuan tersebut, konon akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Bung Anton Permana, mengatakan : Alat Cyber polisi sekarang canggih Pak. Alat View Coupter Analisis Digital and Fusion mereka bisa mendeteksi, memprofiling mana berita yang viral, di gemari, dan mapping isue.

Namanya netizen Indonesia, pasti yg dominan disukai isue perselingkuhan, sexsual, maka isu ini yang di dominasikan dan di giring jadi trend isue. Atau istilahnya “digital distraction”, membangun isu baru yang kecil/kecil untun mengaburkan atau menjauhkan dari isu utama yang besar.._, katanya lebih lanjut.

Alasan seksual yang seolah olah menjadi alasan yang mudah diterima masyarakat muncul kembali..dugaan kuat sebagai upaya untuk melawan resiko hukum yang cukup berat.

Melawan cara ini memang repot sekali , masyarakat luas bisa terbawa arus zeitgeist. Zeitgeist ( bahasa Jerman : Zeit yang berarti waktu atau zaman dan Geist yang berarti jiwa) merupakan pemikiran dominan pada suatu masa yang menggambarkan dan mempengaruhi sebuah budaya dalam masa itu sendiri.

Prediksi ke depan geng Sambo akan melakukan perlawanan. Mereka merasa memiliki kekuatan dengan keyakinan perang ini harus berahir tiji tibeh ( mati satu harus mati semua ). Senjata yang paling mutahir adalah aliran dana Sambo yang diduga kuat sudah mengalir kemana mana. Bukan saja di internal Polri tetapi meluas ke instansi dan oknum pejabat di luar institusi Polri.

Maknanya bukan hanya akan terjadi perang bintang bisa saja berahir dengan perang bubat . Kondisi seperti ini hanya akan bisa diselesaikan oleh pimpinan Polri yang muncul tanpa beban karena memang dirinya bersih, terbebas dari virus amunisi Sambo.

Proses pemeriksaan masih berlangsung oleh Timsus Mabes Polri, akan menguak keadaan yang sebenarnya. FS dan geng mafianya, akan menghadapi resiko hukum yang lebih berat kalau justru terus bertahan dalan rekayasa kebohongannya. Dan semua yang terlibat harus menanggung resiko hukumnya masing masing, makin berat.

Peran Presiden mutlak harus terus turun tangan, hanya pengaruhnya yang selama ini di terkesan diabaikan karena rumitnya masalah tersebut adalah akibat dari peredaran uang hitam Sambo yang sudah menggurita dan merambah kemana mana, saling menggigit dan mengikat diantara mereka yang terlibat.

Bisa terjadi Presiden juga ketakutan jika kasus Sambo sampai menyeret para pejabat anak buah Presiden. Dan kasusnya akan merembet ke kasus lainnya termasuk kasus KM. 50 dan lainnya.

Suka atau tidak Rezim kekuasaan ini harus menjauh ikut intervensi proses pengadilan yang tidak jujur, objektif dan transparan. Apabila ada rekayasa ikut intervensi keputusan di ahir putusan pengadilan, dipastikan rezim ini akan masuk pada masalah yang lebih berat dan bisa berakibat fatal.

Situasinya sangat rawan tanpa proses penyelesaian di pengadilan berjalan secara transparan, akan berpengaruh langsung terhadap stabilitas pemerintah saat ini.

Bahkan kalau keadaan berlarut larut, keadaan berubah menjadi masalah negara yang lebih besar sampai pada adanya indikasi ketahanan negara sampai goyah, bisa terjadi TNI tidak tinggal diam. Ahirnya akan bertindak, sesuai keadaan perkembangan strategis stabilitas negara yang terjadi

Kasus Sambo tidak bisa dianggap remeh. Tidak berlebihan TNI tetap harus waspada dari segala kemungkinan harus ambil alih keadaan kalau keadaan memaksa karena tiba tiba keadaan negara dalam keadaan genting.