by

Tim Ekonomi Indonesia Raih Tiga Medali di Ajang Olimpiade Ekonomi Internasional 2022

Kabar bahagia datang dari penyelenggaraan Olimpiade Ekonomi International atau International Economics Olympiad (IEO) ke-5. Sebanyak 3 medali perunggu dan kontestan terbaik di lomba literasi finansial berhasil diperoleh Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia.

Medali perunggu diraih oleh Muhammad Irsyad Ramadhan (SMAN 34 Jakarta), Janice Vashti (SMAK 7 Penabur Jakarta), dan Candra Maharani Utami (SMAN 1 Purwokerto). Selain medali perunggu, penghargaan literasi finansial terbaik juga disabet oleh Janice Vashti.

IEO sendiri merupakan kompetisi tahunan untuk siswa sekolah menengah di bidang ekonomi yang dirancang untuk menggugah keterampilan pemecahan masalah yang kreatif pada pelajar yang tertarik dalam bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan.

Baca juga:  Kasihan, Para Atlet PON Asal Sulteng Terlantar di Stasiun, Netizen Terharu

Medali dan penghargaan ini merupakan hasil perjuangan mereka selama ajang talenta yang diselenggarakan pada 23 Juli – 1 Agustus 2022 secara daring di China. Mereka berhasil melewati tiga tahapan tes yaitu ekonomi, literasi keuangan, dan kasus bisnisyang terdiri dari dua babak.

Pada teori economics mereka diberikan petanyaan terbuka dan pilihan ganda mengenai teori dan praktik ekonomi. Kemudian pada tahap literasi keuangan, mereka diberikan game simulasi online dimana peserta perlu membuat rencana keuangan pribadi. Selanjutnya, yang terakhir adalah tahap kasus bisnis yang berlangsung selama dua hari, dimana peserta harus mempresentasikan solusi kasus bisnis di hadapan para juri internasional.

Baca juga:  Anies Luncurkan JakPreneur, Sempurnakan Program OK OCE

Selama pelaksanaan kompetisi, pengawasan dilakukan dengan ketat melalui proctoring dua perangkat dan kamera pengawas dalam ruangan.

“Pencapaian yang sungguh luar biasa dimana pelajar Indonesia dapat berkompetisi dengan 210 peserta dari 41 negara dan memperoleh 3 medali serta penghargaan literasi keuangan terbaik. Selamat kepada adik-adik, semoga dapat terus menoreh prestasi dan menyebarkan ilmu-ilmu yang diperoleh saat ajang internasional kemarin kepada sobat prestasi lainnya,” ujar Asep Sukmayadi, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Selamat kepada Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia 2022. Semoga dapat terus berkontribusi untuk Bangsa dan Negara Indonesia.

sumber: mediabangsa.id


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *