Mantan Anggota DPR: Pecat Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus segera mencopot Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo yang tidak bisa melindungi Ustadz Abdul Somad (UAS) ketika berada di negara Jiran tersebut.

“Copot dan ganti Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo,” mantan anggota DPR Djoko Edhi Abdurrahman kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (18/5/2022). “Suryopratomo tidak bisa bekerja,” paparnya.

Kata Djoko, Suryopratomo menjadi Dubes RI di Singapura bukan berdasarkan prestasi maupun kemampuan dalam diplomasi. “Jadi Dubes di Singapura hasil menjilat Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Ia juga mengkritik Suryopratomo ketika menjadi wartawan. “Bagi awam mungkin kurang terasa, bagi saya yang sejak 1982 jadi wartawan terasa banget tahu kiprah Suryopratomo,” jelas Djoko.

Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Baru Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo menyebut Ustaz Abdul Somad alias UAS bukan dideportasi dari Singapura. Melainkan, UAS tidak diizinkan masuk ke Negeri Singa.

“UAS tidak dideportasi. Tetapi tidak mendapatkan approval (persetujuan) untuk masuk Singapura,” ujar Suryo Pratomo dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022).

Menurut dia, terkait dengan izin masuk sebuah wilayah bukan kewenangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Menurut dia, keputusan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Singapura.

“Itu kewenangan Singapura, bukan KBRI,” ungkap dia.