Wedang Teh, Secangkir Kopi dan Banyu Towo di Kendi

Oleh: Andi Kusnanto (Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng)

Selamat Pagi… para Siswa…?,
selamat pagi Pak Guru, oya pelajaran hari ini kita akan membuat Kerajinan Tangan yang Berasal dari Janur Kuning, iya….?,
loo kok Janur kuning tow pak Guru?, sebab biasanya Pak Guru kalau mengakhiri pidatonya selalu bilang, Makan Kupat Janure tuwo, menawi lepat nyuwun pangapuro? 😄😁😁😄

Oya Lee… Memang kita ketika berpidato wajib ada pantunnya agar semuanya rileks, dulu Pak Harto kurangnya adalah tidak pakai pantun, sehingga kaku, padahal kekakuannya ini adalah cermin kehati-hatian beliau agar tdk terpeleset dalam pidatonya…..

Wess…. Pokoknya manut Pak Guru disik iya…,sabaro disik, tenangno pikirmu, sareho disik… Nanti kalau bingung “bajumu dibalik aja” dan tanyakan ke Pak Guru….

Sakarang pengertian Janur sing warna Kuning…, Apa yang disebut Janur Kuning?
“Janur kuning adalah lambang yang dikenakan para pejuang di lengan sebagai tanda perjuangan kemerdekaan tersebut”
Kita lihat film tentang Janur Kuning dulu ita, walaupun film jaman old tapi wajib kita lihat kembali agar kita tdk lupa sejarah……

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Janur_Kuning#:~:text=Janur%20kuning%20adalah%20lambang%20yang,sebagai%20tanda%20perjuangan%20kemerdekaan%20tersebut

Film ini menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam meraih kembali kemerdekaannya yang direbut kembali oleh pasukan sekutu. Latar belakang yang diambil adalah di sekitar peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949. Tokoh-tokoh nyata yang ditampilkan di sini di antaranya adalah Soeharto, Jenderal Sudirman, dan Amir Murtono. Janur kuning adalah lambang yang dikenakan para pejuang di lengan sebagai tanda perjuangan kemerdekaan tersebut.

Pasca Reformasi…. Yaitu pada Bulan September 1998, empat bulan setelah jatuhnya Soeharto, Menteri Penerangan Yunus Yosfiah menyatakan bahwa film ini tidak akan lagi menjadi bahan tontonan wajib, dengan alasan bahwa film ini adalah “usaha untuk memanipulasi sejarah dan menciptakan kultus dengan Soeharto di tengahnya”. Tempo melaporkan pada 2012 bahwa Saleh Basarah dari Angkatan Udara Republik Indonesia telah mempengaruhi dikeluarkannya keputusan ini. Majalah ini menyatakan bahwa Basarah telah menghubungi Menteri Pendidikan Juwono Sudarsono dan memintanya untuk tidak menayangkan Pengkhianatan G 30 S PKI, karena film ini telah merusak citra Angkatan Udara Republik Indonesia.

Dua film lainnya, Janur Kuning dan Serangan Fajar, kemudian juga dipengaruhi oleh keputusan tersebut Janur Kuning menggambarkan Soeharto sebagai pahlawan di balik Serangan Umum 1 Maret 1949, sementara Serangan Fajar menunjukkan dia sebagai pahlawan utama Revolusi Indonesia, Pada saat itu TVRI tampaknya berusaha untuk menjauhkan diri dari mantan presiden Soeharto. Hal ini terjadi semasa periode penurunan status simbol-simbol yang berkaitan dengan peristiwa G30S, dan pada dekade 2000-an awal, versi non-pemerintah dari peristiwa kudeta G30S mudah didapatkan di Indonesia, kayaknya banyak kontroversi lainnya, kita tidak perlu lihat lebih dalam biar ahli sejarah yg mengilmiahkan suatu saat nantinya….

Ternyata Janur Kuning, Bukan hanya sekadar penanda jalan, janur kuning juga punya makna dan simbol yang agung menurut adat jawa.

Inibaru.id – Janur kuning identik dengan pesta pernikahan. Yups benar sekali, jika kamu tinggal di Jawa, Bali, atau Sunda, tentu bisa dengan mudah menemukan janur kuning saat ada perayaan. Tapi, perlu Sobat Millens tahu nih, pemakaian janur kuning itu ada maknanya lo….iya,….kan???

Menurut Budaya Jawa makna kata janur berasal dari bahasa Arab yang artinya cahaya dari surga sedangkan kata kuning diambil dari Bahasa Jawa yang berarti suci.

Sama halnya dengan masyarakat Jawa yang mengartikan janur sebagai sejating nur yang berarti cahaya sejati. Dengan begitu, menurut mereka janur memiliki makna bahwa sejatinya manusia membutuhkan cahaya dari Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat melihat jelas hal yang baik dan buruk.

Apa itu Kembar Mayang????
Kembar mayang, simbol penyatuan dua individu dalam rumah tangga. (bisa dilihat di enambelasnovember.blogspot.com)

Nggak hanya itu Millenial, dalam tradisi Jawa janur juga dianggap sebagai simbol kebahagiaan loo. Simbol kebahagiaan janur itu dibentuk beragam bentuk dan fungsinya….

Misalnya, dibentuk bulat semacam bokor dan umbul-umbul yang berfungsi sebagai penanda atau petunjuk. Lalu, ada pula janur yang dirangkai menjadi kembar mayang, yaitu sepasang hiasan dekoratif yang dipajang di pelaminan.

Dalam upacara perkawinan adat Jawa, kembar mayang digunakan sejak prosesi midodareni sampai prosesi panggih. Hiasan dekoratif ini pun menjadi simbol penyatuan dua individu dalam kehidupan rumah tangga. Sementara warna keputih-putihan pada janur merupakan simbol doa agar cinta dan kasih sayang di antara mempelai selalu muda laksana janur.

Kalau di tempatmu, janur dibentuk menjadi apa saja Millenial? Jawab di kolom komentar yaa… dan kenapa saat ini di. Wilayah Nyi Ageng Serang Pohon Kelapa penghasil Janur dan buah kelapa sudah jarang, kamu semuanya wajib curiga, pasti ada yg keliru dan ada wabah kenapa Pohon Kelapa jadi jarang ada, wajib mikir yoo… Lee…, mikiro…. Tanya-oo sama sesepuh dusunmua, sesepuh desamu… dan ahli-ahli pertanian di Kecamatanmu….!!!!

Beberapa Link tentang Janur Kuning,kita lihat sbb…. Kalau belum jelas tanyakan kembali..

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/07/30/janur-kuning-serba-serbi-dan-mitos

https://kuasakata.com/read/senggang/36354-mengenal-janur-kuning-dan-filosofinya-yang-terdapat-di-pernikahan-adat-jawa

https://www.kompasiana.com/frwirasandjaya/5d7b47db097f3618e52ceee2/mengapa-janur-kuning-sering-ditemui-dalam-tradisi-jawa

https://www.kompasiana.com/frwirasandjaya/5d7b47db097f3618e52ceee2/mengapa-janur-kuning-sering-ditemui-dalam-tradisi-jawa

Apa yang disebut Panjang Ilang….
PANJANG ILANG, adalah nama keranjang yang terbuat dari anyaman janur. Memiliki gantungan ujung janur sisa dari yang dianyam, yang disatukan pada satu simpul di bagian pucuknya. Fungsinya untuk wadah aneka makanan dan sesaji (sajen), dalam kelengkapan ritual tata adat Jawa.

https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-0433216/panca-guna-panjang-ilang-dalam-adat-jawa

https://www.tagar.id/menengok-tradisi-panjang-ilang-di-gunungkidul

https://www.uny.ac.id/id/berita/mahasiswa-uny-teliti-tradisi-panjang-ilang

Jadi Panjang Ilang sepele tapi sangat penting artinya dalam kegiatan hajatan disekitar kita tow… Lee…, iya…..kan?,,,,,

Kita pelajari Wedang Teh… Lihat link sbb….

https://lifestyle.okezone.com/read/2014/10/24/298/1056355/seruput-hangatnya-teh-wedang-rempah

https://www.kompasiana.com/amp/oplosan/607ad230d541df2fed29b9f2/wedang-teh-daun-kelor-bawang-dayak

https://ditpui.ugm.ac.id/produk-wedang-uwuh-teh-jahe-dan-vitamin-d-ost-d-ugm-mendukung-program-bakti-inovasi-ristek-brin/

Wedang teh (wedang = Ngawe kadang, yaitu mengajak kawan kita semuanya….), kita langsung lanjutkan, hal lainnya yaitu Secangkir Kopi… mari kita lihat…. Link.

https://m.kapanlagi.com/lirik/artis/jhoni-iskandar/secangkir-kopi/

https://www.sonora.id/read/422563285/chord-gitar-dan-lirik-lagu-secangkir-kopi-milik-jhonny-iskandar

https://www.bola.com/tag/secangkir-kopi

Banyu Towo / Air Tawar di dalam Kendi yaitu sbb…, sepele tapi terkadang lupa tdk dijelaskan oleh para sesepuh dusun atau sesepuh desa…

Banyutowo adalah sebuah desa di kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Banyutowo adalah desa pesisir dan memiliki sebuah dermaga yang merupakan tempat transit bagi kapal-kapal nelayan setempat maupun kapal dari daerah lain. Banyutowo adalah desa pesisir dan memiliki sebuah dermaga yang merupakan tempat transit bagi kapal-kapal nelayan setempat maupun kapal dari daerah lain. Selain itu, dermaga di Banyutowo merupakan tempat rekreasi penduduk sekitar khususnya pada hari Minggu pagi maupun hari libur. alhamdulillah…. Pak. Guru juga sudah sampai ke Banyutowo Kecamatan Dukuh Seti, Kabupaten Pati Jawa Tengah

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Banyutowo,_Dukuhseti,_Pati

Air tawar ialah air yang tidak berasa lawan dari air asin. Merupakan air yang tidak mengandung banyak larutan garam dan larutan mineral di dalamnya. Saat menyebutkan air tawar, orang biasanya merujuk ke air dari sumur, danau, sungai, salju, atau es.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Air_tawar

Kesimpulan dari Uraian di atas, bahwa semua hal yang dilakukan oleh para pendahulu kita ada dan punya makna tersendiri… dan semuanya wajib dijelaskan dan diterangkan, untuk para siswa lakukan dulu setelah ada hal menarik bisa ditanyakan kepada Pak Guru dan yg lainnya…..,para siswa wajib tanyakan kepada para sesepuh-sesepuh dusun ataudesamu, Pak Guru yakin akan dapat ilmunya, disini Pak Guru hanya menerangkan dan menjelaskannya…… Selamat menelusuri arti pentingnya hal-hal yg Pak Guru jelaskan… ,bersambung…. Iya… Leee….

(((((((((Tetap semangat
dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-cita bersama salah satunya lewat dunia pendidikan dan lewat pengabdian di Kecamatan Sumberlawang Sragen Jateng, dan Indonesia Raya tercinta, teriring salam dan doa, semoga ditambahkan sehat walafiat, selamat dan sukses selalu… Gusti Allah SWT meridho niat kita bersama….
Bersambung…… 🙏🙏🙏

.,.,.,.,.,.,.,Disajikan dan ditulis-saat ini sedang…..diterangkan kembali oleh
Andi Kusnanto selalu Guru dengan NUPTK dengan nomor 6642754655110032 yg ditugaskan oleh Yayasan PBS Sumberlawang sebagai Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng, Secara Pribadi-atau selaku Pak Guru-saat ini adalah Mahasiswa Strata 2 di Kampus IKOPIN University Jatinangor-Sumedang Bandung, sedang berproses….Insya Allah……secara bersambung,.,.,.,.,.,.,,.🙏🙏🙏

Manahan Solo, Jateng
Sabtu Kliwon, 9 April 2022