Politikus Golkar: Tak Hanya 3 Periode Jabatan Presiden, Kalau bisa Berkuasa Selamanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa saja berkuasa seumur hidup bukan hanya tiga periode.

“Siapa yang tak mau 3 periode berkuasa, kalau bisa pasti ingin selamanya,” kata politikus Partai Golkar Andi Sinulingga di akun Twitter-nya @AndiSinulingga, Senin (7/3/2022).

Andi memuji Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menolak tiga periode saat menjabat presiden. “Itulah hebatnya SBY, tak terlihat sedikitpun upaya beliau untuk memperpanjang masa jabatannya tatkala berkuasa,” jelasnya.

Meskipun Ruhut mendorong menjabat tiga periode, kata Andi, SBY tegas menolak tiga periode. “Beliau tegas tolak meski Ruhut cari-cari muka teriak bilang SBY 3 periode. Keteladanan itu penting,” ungkap Andi.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, wacana penundaan pemilu tidak bisa dilarang. Sebab, hal itu bagian dari demokrasi. Namun, sekali lagi, ia menegaskan bakal tunduk dan patuh pada konstitusi.

“Siapa pun boleh-boleh saja mengusulkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, menteri atau partai politik, karena ini kan demokrasi. Bebas aja berpendapat. Tetapi, kalau sudah pada pelaksanaan semuanya harus tunduk dan taat pada konstitusi,” ujarnya Jumat (4/3/2022).