Dekati Anies, PPP Ingin Naikkan Elektabilitas

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendekati Anies Baswedan untuk meningkatan elektabilitas partai berlambang Ka’bah ini.

“Untuk mendongkrak elektabilitas PPP, Anies termasuk sosok yang dinilai tepat. Sebab, pendukung Anies juga menjadi target sasaran PPP,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (8/2/2022). “Kalau dekat dengan Anies, apalagi mengusungnya menjadi Capres, diharapkan sebagian pendukung Anies akan beralih ke PPP,” ungkapnya.

Kata Jamiluddin, Anies yang bukan kader partai, membutuhkan dukungan dari PPP dan partai lainnya untuk pencalonannya pada Pilpres 2024. Tanpa dukungan partai tentu elektabilitasnya yang tinggi tidak berarti apa-apa.

“Anies tentu akan berusaha untuk dekat dengan sebanyak mungkin partai agar pencapresannya terwujud. PPP kiranya membuka pintu untuk itu karena akan menguntungkan partainya,” jelasnya.

Menurut Jamiluddin, kedekatan Anies dan PPP tampaknya didasari dari saling membutuhkan. “Kepentingan itulah yang kemudian membuat hubungan Anies dan PPP terkesan dekat dan harmonis. Hal itu tentu normal dalam relasi politik,” ungkapnya.

Kedekatan Anies dan PPP tentu tidak dapat disimpulkan hanya melalui beberapa pertemuan dan pernyataan. Apalagi terkait dukungan politik, tentu sulit mencari yang gratis.

“Dalam politik, hubungan baik atau buruk sangat ditentukan ada tidaknya kepentingan yang menguntungkan bagi kedua bela pihak. Hal ini juga berlaku dalam hubungan Anies dan PPP,” papar Jamiluddin.