Staf Khusus Menag: Dikuasai Taliban, Afghanistan Jadi Tempat Pertemuan Kelompok Teroris Internasional

Uncategorized

Afghanistan menjadi tempat pertemuan teroris internasional setelah Taliban menjadi penguasa negara tersebut.

Afghanistan sdh dikuasai Taliban, apakah mgkn Afghan akan jadi basis pertemuan kelompon teroris internasional? Sangat mungkin,” kata Staf Khusus Menteri Agama (Menag) Nuruzzaman di akun Twitter-nya @noeruzzaman.

Ia mengatakan, Taliban memiliki 3 faksi di Afghanistan yaitu faksi Alqaida, faksi ISIS yang akan deklarasi islamic khurozan state/propinsi khurozan dan Taliban “moderat”.

Taliban akan mengumumkan “kemerdekaan” dibawah imarah islam dan mereka meyakinkan diri untuk langkah selanjutnya adalah pengakuan dari dunia internasional agar semakin kuat, para petinggi meyakinkan masyarakat afghan dan internasional mereka akan menjunjung tinggi hak asasi, melindungi seluruh masyarakat, seluruh diplomat asing, dan melakukan perundingan dengan eks pemerintah Afghanistan demi kebaikan,” ungkapnya.

Taliban sendiri ada masalah antara elit mereka dengan pasukan di bawah, sejauh ini belum terkontrol penuh.

Kata Nuruzzaman, adapun kekhawatiran dunia internasional tentang jihad global, hingga saat ini belum terlihat aktifitas “hijrah” ke Taliban. “Namun dielu-elukan sebagai model negara Islam iya, dan menjadi magnet perhatian para aktifis radikal juga iya,” jelasnya.