Moeldoko Ingatkan Ancaman Perpecahan dalam Negeri dalam Menyikapi Konflik Israel-Palestina

Uncategorized

Masyarakat Indonesia bisa terpecah dalam menyikapi konflik Israel-Palestina.

“Saya ingin mengingatkan kepada masyarakat Indonesia, kita mesti pahami bahwa ada persoalan-persoalan domestik yang terjadi di wilayah itu. Sangat aneh kita kehabisan energi seperti saat ini melakukan sebuah perdebatan yang tidak produktif,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kamis (20/5/2021).

Menurut Moeldoko, masyarakat Indonesia belum memahami kondisi yang sebenarnya konflik Israel-Palestina. “Yang sesungguhnya kita tidak pahami dengan baik apa yang terjadi di sana,” papar Moeldoko.

Menurutnya, jangan sampai situasi yang terjadi antara Israel dengan Palestina menimbulkan perpecahan antar bangsa Indonesia.

“Untuk itu sekali lagi, imbauan saya adalah jangan kita justru ikut terseret dalam situasi ini yang pada akhirnya di antara kita akan terjadi perpecahan. Itu pesan saya,” tandasnya.

Selain itu, ia mengatakan, sikap pemerintah Indonesia tidak berubah yakni mengecam keras serangan brutal militer Israel terhadap warga Palestina.

“Pada dasarnya sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah,” kata Moeldoko, Kamis (20/5/2021).

Serangan Israel tersebut, kata Moeldoko menyebabkan tewasnya banyak korban jiwa termasuk anak-anak, perempuan. Kemudian kerusakan parah kantor berita Associated Press dan Aljazeera.

“Indonesia telah mengecam atas tindakan kekerasan yaitu serangan secara ekskalatif yang dilakukan oleh Israel ke Gaza yang menewaskan banyak korban termasuk anak-anak perempuan dan juga kerusakan yang parah,” ucap dia.