Bipang Ambawang, Pengamat: Pengalihan Isu Pelemahan KPK & TKA China

Uncategorized

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan babi panggang (bipang) Ambawang merupakan bagian pengalihan isu pelemahan KPK dan kedatangan TKA China di saat pandemi melanda Indonesia.

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi kepada www.suaranasional.com, Ahad (9/5/2021). “Bipang Ambawang sengaja dimunculkan agar rakyat tidak fokus terhadap pelemahan KPK dan kedatangan TKA China,” ungkapnya.

Kata Muslim, Pemerintahan Jokowi sangat pandai untuk mengalihkan isu besar yang menjadi perhatian rakyat. “Isu pelemahan KPK bisa menyatukan seluruh komponen rakyat. Rezim ini sudah mempunyai perhitungan terhadap munculnya penolakan pelemahan KPK,” jelas Muslim.

Ia mengatakan, semua lembaga negara sudah tidak dapat diharapkan untuk menyelamatkan KPK. “DPR, MK, MA sudah dikuasai penguasa. Pelemahan KPK menggunakan dana besar dari para koruptor dan cukong dengan didukung para buzzer,” jelas Muslim.

Muslim mengatakan, kedatangan TKA China juga sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia. “Pemerintah sudah tidak mendengar suara rakyat yang menolak TKA China,” paparnya.

Kedatangan TKA China di tengah pandemi, kata Muslim memunculkan rasa ketidakadilan di saat pemerintah melarang mudik. “Mudik dilarang, TKA China datang ke Indonesia. Ini bentuk ketidakadilan,” pungkas Muslim.