Guru Besar UI: Indonesia Sudah Ditinggal Investor

Indonesia saat ini sudah ditinggal investor termasuk Kawasan Industri untuk negara Cina sudah tidak ada lagi.

“Indonesia saat ini sdh ditinggal investor. Tuch semua Kawasan Industri (KI) andalan yg tadinya buat investor China dari Aceh-Morotai “sudah bubaran”,” kata Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Ronnie H Rusli MS, PhD di akun Twitter-nya @Ronnie_Rusli.

Ronnie bersama Rizal Ramli sudah mengingatkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana investor dari Cina di Indonesia. “Bicara apa adanya, bisa kita bilang bisa, gak bisa kita bilang gak bisa. Jadi dicap tukang bikin gaduh. Sekarang semua Kawasan Industri dan pulau2 sdh gak laku,” jelasnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan sentimen dan tekanan perekonomian global membuat arus modal asing keluar (capital outflow) dari pasar domestik cukup deras.

Sepanjang tahun ini hingga Kamis (19/3/2020), BI mencatat terjadi outflow sebesar Rp 105,1 triliun secara neto. Arus modal keluar yang terjadi di antaranya terdiri dari outflow pada pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 92,8 triliun dan Rp 8,3 triliun pada pasar saham.

“Sebagian besar dari capital outflow ini terjadi pada bulan Maret ini seiring dengan eskalasi penyebaran virus corona di negara-negara maju,” tutur Perry, Jumat (20/3/2020).