Listyo akan Bentuk Polisi Dunia Maya & Gaet Influencer, Politikus Demokrat: Suram Banget

Politikus Demokrat Cipta Panca Laksana mengkritik rencana calon Kapolri Listyo Sigit yang akan membentuk polisi dunia mayat dan menggaet influencer.

“Calon Kapolri belum apa2 udah mau gaet influencer aja. Suram banget,” kata Panca di akun Twitter-nya @panca66.

Panca mengatakan seperti itu menanggapi berita dari CNN Indonesia berjudul “Listyo Sigit Bakal Bentuk Polisi Dunia Maya, Gaet Influencer”.

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo merancang program pembentukan polisi dunia maya atau virtual police jika ia kelak memimpin Korps Bhayangkara. Influencer akan dilibatkan untuk turut serta menyuarakan edukasi ke masyarakat.

Satuan ini disebut berbeda dengan cyber police atau polisi siber yang selama ini melakukan penegakan hukum terkait pelanggaran di dunia maya.

Listyo mengatakan, salah satu programnya ke depan yakni penguatan partisipasi masyarakat dalam skema masyarakat informasi di ruang siber. Hal tersebut akan dioptimalkan melalui kampanye siber guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan data pribadi dan budaya etika bermedia sosial.

“Tentu tanpa menutup ruang kreativitas disertai dengan pelibatan polisi dunia maya atau virtual police,” ujar Listyo di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1).