Pergantian Menteri tak Membuat Pemerintahan Jokowi Lebih Baik

Pergantian menteri tidak membuat pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menjadi lebih baik.

“Apakah pergantian menteri membuat pemerintahan Jokowi menjadi lebih baik, juga jadi tanda tanya. Terlebih lagi tidak ada visi menteri yang ada visi presiden,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada suaranasional, Rabu (23/12/2020).

Menurut Amir Hamzah, masuknya Sandiaga Uno ke pemerintahan Jokowi diharapkan bisa mengembangkan ekonomi kreatif sebagaimana yang telah dijalankan mantan Wakil Gubernur DKI itu. “Sandi belum tentu bisa menjalankan ekonomi kreatif sebagaimana yang dilakukan selama ini karena bisa berbenturan dengan visi dan misi Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Amir Hamzah juga mempertanyakan visi dan misi ekonomi Presiden Jokowi yang belum memperlihatkan hasilnya. “Visi presiden Indonesia maju, apanya yang maju, ekonomi tidak tambah maju,” papar Amir Hamzah.

Ia menaruh harapan diangkatnya Letjen Muhammad Herindra menjadi Wakil Pertahanan (Wamenhan) yang mempunyai pengalaman menjadi Danjen Kopassus. “Letjen Muhammad Herindra bisa memperkuat Prabowo di Kemenhan,” jelas Amir Hamzah.

Letjen Muhammad Herindra menjadi Wamenhan, kata Amir Hamzah bisa menindaklanjuti kerja sama Kemenhan dengan berbagai negara termasuk AS, Rusia, Prancis dan Turki. “Kemampuan Letjen Muhammad Herindra bisa memberikan konsep dalam dalam menghadapi Laut Cina Selatan terutama masalah Natuna sehingga tidak terombang-ambing konflik Cina dengan AS,” ungkapnya.