Pengamat: Hak Gatot Nurmantyo Menerima Atau Menolak Penghargaan Bintang Mahaputra

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mempunyai hak untuk menerima atau menolak penghargaan Bintang Mahaputra dari negara.

“Hak Gatot Nurmantyo menerima atau menolak penghargaan Bintang Mahaputra dari negara,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada suaranasional, Rabu (4/11/2020).

Kata Amir Hamzah, Gatot Nurmantyo akan mempertimbangkan secara matang untuk memutuskan menerima atau menolak penghargaan Bintang Mahaputra itu. “Kemampuan intelijen strategis Gatot sangat tinggi untuk menerima atau tidak penghargaan Bintang Mahaputra itu,” ungkapnya.

Amir Hamzah mengatakan, masyarakat juga jangan disalahkan penghargaan Bintang Mahaputra itu terkait jabatan Gatot Nurmantyo di KAMI.

“Jangan juga disalahkan orang yang menganggap penghargaan itu terkait jabatan Gatot di KAMI. Kalau pakai falsafah Sun-Tzu ‘berikan lawanmu sebuah peluang dan ketika lawanmu merespon itu kamu akan tahu kekuatannya’. KAMI oposisi moral pemerintah dan dianggap penghargaan itu membuat adem,” paparnya.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintahan belum memutuskan keputusan resmi penghargaan Bintang Mahaputra ke Gatot Nurmantyo namun sudah diumumkan. “Ini menunjukkan komunikasi yang dibangun pemerintah sangat buruk,” jelas Amir Hamzah.