Direndahkan Prof Hendry Subiakto, Guru Besar UI Bela Rocky Gerung

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Thamrin Amal Tomagola mengatakan, Rocky Gerung hanya lulusan s1 tetapi mengajar s1 sampai s3.

Thamrin mengatakan, kemampuan akademis Rocky sangat mumpuni sehingga bisa mengajar di UI dari s1 sampai s3.

“Secara formal RG memang hanya S 1 tapi secara aktual, kemampuan akademisnya memang layak ngajar S 3. Sama dgn drs Arbi Sanit, pengamat politik UI hanya S 1 tapi sy minta dia ngajar S 2 karna kemampuan akademisnya memang mumpuni,” kata Thamrin di akun Twitter-nya @tamrintomagola.

Menurutnya, sebagai akademisi, seseorang harus menguasai beberapa hal, dari ‘conceptual tools’ klasik hingga melakukan proses ulang-alik tataran empirik dengan konseptual.

Tamrin Tomagola mengungkapkan jika Rocky Gerung mumpuni dalam hal tersebut.

“Sebagai akademisi seseorg harus menguasai baik ‘conceptual tools’ klasik dan modern; maupun ‘methodological tools’ berlandas ‘philosophy of science’ yg solid; dan mampu melakukan proses ulang-alik antara tataran empirik dengan tataran konseptual. Ashadi & AS dan RG mumpuni disitu,” ungkapnya.

Sebelumnya Henry merendahkan Rocky Gerung. Ia menyebut Rocky Gerung selalu berimajinas berdasarkan teori yang sudah tidak laku di kampus.

“Supaya orang seperti Rocky ini tahu fakta, karena dia hanya bicara secara imajinasi dan pakai teori yang kadang-kadang di kampus saya sudah ketinggalan zaman. Saya guru besar Universitas Airlangga,” ucap Prof Henry.

“Mudah-mudahan otakmu besar juga,” balas Rocky Gerung sambil tersenyum.

“Ya, minimal saya professor benaran, kalau Anda belum tentu,” jawab Prof Henry.