Lanskip: Ini Senjata Utama Atasi Covid-19

Senjata utama dalam mengatasi Covid-19 yaitu masyarakat disipilin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun secara rutin.

Demikian dikatakan Direktur Lembaga Analisis Studi dan Kajian Publik (Lanskip) Abdul Rachmat Saleh dalam pernyataan kepada suaranasional, Senin (24/8/2020). “Disiplin warga harus ditingkatkan. Kebersihan keluarga dan lingkungan harus terus digalakan, mata rantai Covid-19 harus dilawan bersama-sama,” ungkapnya.

Menurut Abdul Rachmat, Penyebaran Covid-19 mulai pindah klaster ke lingkungan keluarga. Ini pintu terakhir di tengah Covid-19 yang belum mereda. “Klaster keluarga menjadi pintu yang sangat rentan sekarang ini, menjadi lebih menggerikan manakala kelonggaran PSBB sekatnya dibuka akan lebih parah lagi,” papar Abdul Rachmat.

Kalau klaster keluarga jebol, kata Abdul Rachmat malapetaka besar akan menghantui masyarakat dan lingkungan. “Kerena tiap hari keluarga berkumpul, tidak terbatas. Berbeda dengan kantor yang sekarang ini mulai di batasi. Protokol kesehatan harus di perketat,” jelasnya.

Ia menyarankan masyarakat harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. “Masker jangan hanya dijadikan hiasan dan tidak dipakai dan hindari kerumunan di tempat publik,” pungkas Abdul Rachmat.