Istana Apresiasi Reuni 212

Istana mengapresiasi reuni 212 yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2019 di lapangan Monas.

“Imbauannya saya pikir semuanya berjalan baik saja lah. Kita semuanya sudah menikmati suasana seperti ini,” kata Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Jumat (22/11/2019).

Moeldoko mengatakan bahwa saat ini situasi sedang kondusif. Sebab, pemerintah melihat tak ada hambatan psikologi maupun fisik yang dihadapi masyarakat. Ia pun berharap tak ada lagi gerakan-gerakan yang muncul.

“Harapan kita sudah lah, jangan terlalu banyak buat gerakan-gerakan. Toh, kita sudah paham, masyarakat semuanya sudah ingin damai, ingin bekerja dengan tenang,” katanya.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama berencana menggelar Reuni Akbar 212. Sekretaris Jenderal GNPF Ulama Edy Mulyadi menyampaikan pesan dari Rizieq Shihab kepada masyarakat untuk memutihkan Jakarta saat reuni itu.

Selain itu, Edy juga menegaskan seluruh persiapan telah selesai dilakukan. Khususnya masalah perizinan. Ia mengklaim sudah mengantongi izin dari kepolisian dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Ia pun memastikan acara akan berjalan aman dan damai, meski 2 Desember 2019 jatuh pada hari Senin. Sementara itu, Polri mengaku belum menerima surat pemberitahuan perihal acara Reuni Akbar 212.

“Kalau ada surat pemberitahuan ke kepolisian, akan kami analisis. Kami juga memerlukan intelijen,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono.