Menag bukan dari NU, Bukti KH Ma’ruf Hanya Pajangan Saja

Menteri Agama (menag) bukan dari kader Nahdlatul Ulama (NU) membuktikan KH Ma’ruf Amin sebagai wapres hanya pajangan saja.

“Harusnya Kiai Ma’ruf Amin sebagai wapres punya pengaruh untuk memasukkan kader NU sebagai menag. Kalau NU tidak dapat jatah menag bukti Kiai Ma’ruf hanya pajangan saja,” kata pengamat politik Sahirul Alem kepada suaranasional, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Alem, harusnya Jokowi bisa berdiskusi dengan Kiai Ma’ruf untuk menentukan menteri termasuk menag. “Kelihatan sekali untuk pemilihan menteri Kiai Ma’ruf tidak dilibatkan,” papar Alem.

Alem mengatakan, justru Jusuf Kalla yang tidak menjabat sebagai wapres punya peran dalam menentukan menteri. “Sofyan Djalil, Sahrul Yasin Limpo, merupakan ‘orangnya’ Jusuf Kalla,” ungkap Alem.

Kata Alem, Wakil Menag Zainut Tauhid tidak bisa diklaim mewakili NU.

“Walaupun secara kultural NU tetapi lebih banyak sebagai orang MUI. Berbeda saat menag dijabat Lukman Hakim Saifuddin walaupun PPP tetapi bisa mewakili NU karena sebelum menjabat banyak kontribusi buat NU. Bapak Lukman mantan Menag yang juga tokoh NU,” pungkasnya.