Saat Jadi Gubernur DKI, Jokowi Pertanyakan Rencana Presiden SBY Pindahkan Ibukota

Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) pernah pertanyakan rencana pemindahan ibukota oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya belum ngerti kok anunya seperti apa, dipindah ke mana? Yang pindah hanya kantornya presiden saja atau semua kantor kementerian. Saya nggak ngerti, jangan tanya ke saya. Tanyanya kok ke saya, emang saya yang pengen mindah (ibukota)?” cetus Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (9/9/2013) dikutip dari Liputan 6.

Jokowi menegaskan, dirinya enggan mengomentari rencana pemindahan ibukota. Sebab rencana pemindahan ibukota sejak awal memang diwacanakan pemerintah pusat.

“Itu kan keputusan nasional, kalau memang sudah diputuskan. Yang di sini kita akan berhitung kembali mengenai perencanaan. Tapi kalau diputuskan ya segera diputuskan,” ujar Jokowi

Mantan Walikota Solo itu sendiri juga mengaku belum tahu rencana SBY membentuk tim untuk menggodok wacana pemindahan ibukota. Juga belum ada pihak istana atau utusan SBY yang menyampaikan wacana tersebut. “Belum ada, saya belum dengar,” tutup Jokowi.