by

Sosiolog UI Benarkan Pernyataan AHY Demokrasi Era Jokowi Mundur

Thamrin Amal Tomagola (IST)

Demokrasi di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mengalami kemunduran dibandingkan dengan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Setuju sekali dgn pengamatan dan pernyataan AHY ini. SBY memang ikut memperkokoh demokrasi tapi mundur di Masa @jokowi,” kata sosiolog UI Thamrin Amal Tomagola di akun Twitter-nya @tamrintomagola.

Thamrin mengungkapkan seperti itu menanggapi berita CNN Indonesia berjudul “Puji Era SBY, AHY Sebut Demokrasi Kini Mundur Kembali”.

Menurut Thamrin, kemunduran demokrasi era Jokowi juga diungkap Pengamat ANU, Canberra, Australia.

AHY mengungkapkan keprihatinan tentang kualitas demokrasi yang menurun. Demokrat, kata AHY, menyayangkan polarisasi yang tajam di masyarakat jelang Pilpres 2019.

Baca juga:  Elektabilitas Tinggi, Tidak Menjamin Prabowo Menang di Pilpres 2024

AHY mengklaim situasi ini tidak pernah terjadi sebelumnya ketika Demokrat berada di pemerintahan. AHY menggunakan istilah ‘set back’ demokrasi sejak keran reformasi terbuka pada 1998. SBY diketahui memimpin Indonesia selama dua periode yakni tahun 2004-2009 dan 2009-2014.

“Partai Demokrat menyayangkan, karena kehidupan politik dan demokrasi, yang susah payah kita bangun sejak krisis 1998, dan hasilnya kian nyata; kini, terasa mundur kembali. Set back,” ucapnya.


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *