Tak Berani Debat, Luhut akan Kirim Utusan Hadapi Anak Buah SBY

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan tak mau melayani tantangan debat yang dilayangkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nassidik terkait rencana pengaktifan kembali perwira TNI di kementerian dan lembaga sipil.

“Ya enggak usah (debat dengan Rachland) lah nanti suruh kasih anak-anak itu yang debat sama dia,” ujar Luhut di Hotel Alila, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2) dikutip dari CNN Indonesia.

Diketahui, tantangan dilontarkan Rachland melalui akun Twitter pribadinya @RachlanNashidik, Jumat (22/2). Dalam cuitannya, Rachland juga melampirkan foto berita berjudul ‘Perwira Aktif TNI Masuk Lembaga Sipil, Luhut : Ada yang Keberatan?’

“Saya keberatan. Saya undang Luhut Binsar Pandjaitan berdebat terbuka mengenai ini menghadapi saya,” tutur Rachland.

Khusus hal itu, Luhut juga menunjuk Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Atmaji Soemarkidjo untuk melayani Rachland.

“Nanti lah saya cari, suruh anak-anak itu datang ini sama Pak Atmaji,” ujar Luhut sambil melempar senyum.

Luhut menilai tidak ada wacana dwifungsi TNI apabila para perwira aktif diberikan jabatan di lembaga sipil. Ia hanya mengusulkan para perwira tersebut ditempatkan di lembaga-lembaga yang berurusan dengan keamanan seperti Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan dan Kemenko Maritim.

“Enggak ada enggak pernah, yang saya usulin adalah kan di Kemenko Maritim sama dengan Polhukam, itu aja,” kata Luhut.