KH Ma’ruf Amin Sebut Jabar, DKI dan Banten Sumber Hoaks

Daerah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta sebagai sumber hoaks yang mendeskreditkan pasangan nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Demikian dikatakan KH Ma’ruf Amin sebagai diungkapkan Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma’ruf, Usman Kansong, Kamis (31/1/2019).

“Beliau menyebut tiga provinsi yang penyebaran hoax-nya lumayan masif adalah Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta. Karena itu, beliau meminta agar tiga daerah itu untuk menjadi konsentrasi gerakan tangkal hoax,” kata Usman.

Kata Usman, Kiai Ma’ruf menyebut beberapa hoax yang menyerang Jokowi-Ma’ruf, salah satunya isu tenaga kerja asing. Ma’ruf meminta TKN menjawab secara benar setiap isu yang menyerang TKN.

“Dia (Ma’ruf) meminta kita menjawab secara benar (isu yang menyerang). Yang lain lagi isu bahwa misalnya sampai ke bawah, itu Kiai nanti cuma beberapa tahun saja menjadi wakil presiden dan nanti akan diganti oleh Ahok misalnya. Isu itu juga menjadi pembicaraan kita dan Pak Kiai meminta kami sebagai juru bicara, sebagai bagian dari TKN, untuk menangkal itu bahwa itu tidak benar,” ujar Usman.

Sementara itu, Ma’ruf meminta kepada TKN untuk juga selalu mengkampanyekan setiap keberhasilan Jokowi.

“Bagaimana kita membangun opini keberhasilan yang dilakukan oleh Pak Jokowi. Bagaimana rencana-rencana yang sangat realistis di dalam membangun ke depan, kemudian menangkal hoax,” ujar Ma’ruf di lokasi yang sama.