Aktivis Malari 74: Kekuatan Emak-Emak Meruntuhkan Penguasa di Pilpres 2019

Kekuatan emak-emak yang terjun langsung di lapangan dan menyakinkan rakyat bisa meruntuhkan penguasa di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Saya lihat kekuatan emak-emak ini luar biasa, sangat militan dan langsung terjun ke lapangan,” kata aktivis Malari 74 Salim Hutadjulu kepada suaranasional, Senin (17/12).

Kata Salim, kerja emak-emak ini sangat sistematis dan terorganisir secara rapi. “Selama melakukan kegiatan di lapangan, emak-emak ini mengabadikan di smartphone dan menyebarkan di media sosial. Lihat saja emak-emak kubu Prabowo sangat aktif di media sosial,” papar Salim.

Menurut tahanan politik era Presiden Soeharto ini, salah satu kemanangan Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta hasil kerja emak-emak.

“Peran emak-emak dalam kemenangan Anies Baswedan sangat luar biasa. Emak-emak bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak memilih petahana,” jelas Salim.

Salim mengatakan, gerakan emak-emak ini membuat kubu petahana ketakutan. “Emak-emak di kubu Jokowi tidak militan seperti di kubu Prabowo,” pungkas Salim.