Dari Pernyataan KH Said Aqil tak Kenal UAS sampai Penolakan di Basis NU

Sebelum ada penolakan Ustadz Abdul Somad (UAS) di berbagai basis NU untuk berceramah pernah ada pernyataan dari Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj yang tidak mengenal penceramah kondang asal Riau itu.

Padahal saat itu, Ustadz Abdul Somad sudah terkenal dan pernah mengisi ceramah agama saat bulan Ramadhan di rumah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kiai Said hanya mengenal ulama-ulama seperti KH Ma’ruf Amin, KH Ma’ruf Amin, KH Mustofa Bisri. “Saya belum kenal,” kata Said Aqil saat dijumpai di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Agustus 2018.

Begitu pula, pihak PBNU pun memberikan klarifikasi adanya fitnah di media sosial saat Ustadz ditolak di Hong Kong. Fitnah itu menyebut KH Said di balik gagalnya Ustadz Somad di Hong Kong.

“Saya berharap peristiwa tersebut tidak digoreng dengan melempar fitnah ke sana kemari, termasuk fitnah seakan KH Said Aqil Siradj ikut andil terjadinya peristiwa itu,” kata Robikin, Selasa, 26 Desember 2017.

Saat Ustadz Abdul Somad mau berceramah di Jawa terutama basis NU, ada penolakan dengan alasan terkait kelompok radikal.

Namun saat safari dakwah di Semarang, Ustadz Abdul Somad cukup lancar dan selalu dipenuhi jamaah walaupun ada upaya penolakan dari pihak-pihak tertentu.

Dan berita terbaru, Ustadz Abdul Somad membatalkan ceramah di acara Milad Ponpes Al Husna, Mayong, Jepara karena ada penolakan dari ormas tertentu.

Bukan hanya di Jepara saja yang dibatalkan. Ustadz Abdul Somad membatalkan sejumlah jadwal tausiyah di beberapa kota di Jawa melalui akun instagramnya @ustadzabdulsomad.Ia menuturkan salah satu alasannya karena mendapatkan ancaman dan intimidasi.