Sejumlah Tokoh Politik Merapat ke Partai Berkarya, Ada Apa?

Sejumlah tokoh politik bertemu Bambang Trihatmodjo (IST)

Pasca aksi tagar 2019 Ganti Presiden yang berlangsung di Medan, Minggu (22/7) dan dihadiri ribuan massa, sebuah foto berisi gambar sejumlah tokoh politik bersama tokoh Partai Berkarya, Bambang Trihatmodjo, yang merupakan putra mantan Presiden kedua RI, Soeharto, beredar di grup whatsapp.

Beredarnya foto itu tak hanya membuat kaget para politisi di parlemen, tapi juga para aktivis Hastag 2019GantiPresiden.

Salah satunya adalah koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma.
Menurut Lieus, beredarnya foto mas Bambang Tri dengan sejumlah tokoh politik yang selama ini dikenal sangat vokal di DPR, memang memunculkan macam-macam dugaan.

“Apalagi para tokoh dari partai yang berbeda itu mengacungkan jari tangannya masing-masing membentuk angka tujuh sebagai angka yang menunjukkan nomor urut Partai Berkarya yang dimotori keluarga Cendana,” katanya.

Para tokoh politik dalam foto dan tampak akrab dengan Bambang Tri itu di antaranya adalah Masinton Pasaribu dari PDIP, Desmon J Mahesa dari Gerindra, Ketua DPR RI, Bambang Susatyo dari Partai Golkar, dan Abu Bakar Alhabsyi dari PKS.

Ditambahkan Lieus, pastilah bukan kebetulan kalau beredarnya foto itu sesaat setelah deklarasi Gerakan 2019 Ganti Presiden yang berlangsung di Medan.

“Sebab aksi 2019 Ganti Presiden di Medan itu memang luar biasa lho. Apalagi, meskipun dihadiri ribuan massa dan di tempat yang sama ada pula kegiatan yang kontra aksi tersebut, tapi sampai acara berakhir semuanya berjalan aman,” ujar Lieus.

Lieus menduga pertemuan para vokalis DPR dengan Bambang Tri itu ada kaitannya dengan reaksi warga kota Medan terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi selama ini.

Selama ini, tambah Lieus, media dan pengamat politik melihat reaksi rakyat atas kepemimpinan Presiden Jokowi hanya di Jakarta saja. “Tapi ternyata di luar Jakarta pun reaksinya sangat besar. Di Medan itu contohnya,” ujar Lieus.

Karena itulah, tambah Lieus, ia merasa senang jika para tokoh politik itu memang benar-benar merapat ke Partai Berkarya.

“Kalau para tokoh politik ini benar-benar merapat ke Partai Berkarya, itu artinya keinginan rakyat untuk 2019 Ganti Presiden bisa benar-benar kita wujudkan,” jelasnya.